nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soleh Solihun Tanggapi Fenomena Komika Jadi Sutradara

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 17:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 11 206 1885258 soleh-solihun-tanggapi-fenomena-komika-jadi-sutradara-iNCKIalpYv.jpg Soleh Solihun (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pandji Pragiwaksono menjadi komika terbaru yang terjun ke dunia film untuk menjadi seorang sutradara. Sebelumnya, para stand up comedyan seperti Raditya Dika, Ernest Prakasa, dan Soleh Solihun sudah terlebih dulu melakukan debutnya.

Soleh Solihun pun ikut menanggapi fenomena komika beralih menjadi sutradara. Saat mempromosikan film terbarunya Reuni Z ke Okezone, Soleh menganggap bahwa fenomena itu adalah sebuah hal yang wajar.

Baca juga: Bikin Ancaman Bom Palsu, TJ Miller Ditahan Polisi

“Itu fenomena wajar. Di luar negeri sendiri banyak yang begitu. Stand up comedyan setelah berkarier bertahun-tahun pada akhirnya menjadi penulis dan sutradara,” kata Soleh.

Selain itu, kemunculan fenomena ini juga menjadi sebuah tanda bahwa para produser film Indonesia sudah mulai percaya bahwa para stand up comedyan bisa menulis dan mengarahkan film. Hal itu lantaran para komika biasa menulis naskah sebelum membawakan materinya di atas panggung.

“Karena kan komedian biasanya kalau mau bikin lawakan nulis, mungkin gara-gara ada basic nulisnya itu para produser jadi percaya. Dan produser menganggap komedinya si stand up akan lebih baik kalau mereka yang mengarahkan sendiri filmnya. Mereka yang paling tahu mau dibawa ke mana arah komedinya itu,” paparnya.

Tak hanya sampai di situ saja, Soleh bahkan mengatakan bahwa merekrut seorang komika untuk menjadi aktor, penulis, sekaligus sutradara bisa menghemat biaya produksi sebuah film.

Baca juga: Daniel Mananta Ungkap Pengalaman Terburuk dan Terbaik selama Jadi Host

“Pasti lebih murah juga karena paketan, dari pada lo ngebayar orang demi ngedirect doang, pemeran utama doang, penulis doang, mending paketan. Satu harga tiga rasa,” tutupnya dengan dibarengi tawa.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini