nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Film yang Mengenang Kegeniusan dan Asmara Stephen Hawking

Hana Futari, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 19:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 14 206 1872833 sederet-film-yang-mengenang-kegeniusan-dan-asmara-stephen-hawking-OnSdfMcXqn.jpg Eddie Redmayne di Theory of Everything (Foto: Ist)

JAKARTA - Fisikawan ternama Stephen Hawking meninggal dunia pada 14 Maret 2018 di Cambridge, Inggris dalam usia 76 tahun. Walaupun mengalami tetraplegia, semasa hidupnya Hawking mengalami berbagai pencapaian hingga sosoknya dapat dikenal oleh hampir seluruh masyarkat di dunia.

Stephen Hawking adalah seorang profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. Ia dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum, terutama karena teori-teorinya mengenai teori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking.

(Baca Juga: Pergantian Hotseater Ramai di Eps 3 The Next Boy/Girl Band Indonesia season 2)

(Baca Juga: Atalarik Syach Datangi Kantor Polisi, Kasus Apa?)

Selama hidupnya, Hawking telah memenangkan 15 pengharagaan, di antaranya Eddington Medal pada tahun 1975, Wolf Prize dalam bidang fisika pada tahun 1988, Presidential Medal of Freedom pada tahun 2009. Kepergian Hawking tak lantas membuat namanya hilang. Berkat karya-karyanya ia mampu dikenang, salah satunya melalui film. Berikut empat film yang mengisahkan tentang kehidupan Stephen Hawking.

Kegeniusan Hawking pun membuat beberapa rumah produksi membuat kisah hidupnya dalam layar lebar. Berikut empat film yang mengisahkan tentang kehidupan Stephen Hawking seperti dirangkum Okezone:

1. Hawking (2004)

Film ini menceritakan kehidupan kuliah Stephen Hawking di tahun pertama sebagai mahasiswa PhD di Cambridge University. Dalam film ini diceritakan Stephen Hawking mencari teori tentang awal mula kehidupan serta perjuangannya melawan penyakit motorik neuron.

Sosok Hawking diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Cumberbatch berhasil membawakan tokoh Hawking sehingga film ini banjir pujian dari para kritikus serta berhasil menjadi nominasi di BAFTA TV. Selain Benedict Cumberbatch, film ini juga dibintangi oleh Michael Brandon sebagai Arno Allan Penzias, Lisa Dillon sebagai Jane Wilde dan Peter Firth sebagai Sir Fred Hoyle.

2. A Brief History of Time (1991)

A Brief History of Time merupakan flm dokumenter yang kisahnya diangkat dari buku karya Hawking dengan judul yang sama. Film ini lebih menitikberatkan pada kehidupan pribadi Hawking. Di dalamnya terdapat wawancara dengan anggota keluarga, teman kuliah dan pengasuh Hawking saat kecil.

3. Hawking (2013)

Dengan judul yang sama dengan film yang dirilis pada 2004, bedanya film ini dibuat dalam bentuk dokumenter. Di film ini, Stephen Hawking sendiri yang menceritakan kehidupan masa lalunya hingga ia mengidap Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Stephen Hawking muda diperankan oleh aktor Nathan Chapple. Film ini juga dibintangi Martin King sebagai Stephen Hawking dewasa, Finlay Macrae sebagai Stephen Hawking remaja serta Tanya O'Regan sebagai Jane Hawking.

4. The Theory of Everything (2014)

 

Dalam film ini sosok Stephen Hawking diperankan oleh Eddie Redmayne. Akting yang dilakukan Eddie mampu menyita perhatian masyarakat.Film ini juga menceritakan kisah cinta Hawking serta perjuangan ketika mengidap ALS. Berkat film ini, Eddie Redmayne memenangkan kategori aktor terbaik di Piala Oscar 2015. Film ini juga dibintangi oleh Felicity Jones sebagai Jane Wilde Hawking, David Thewlis sebagai Dennis Sciama dan Simon McBurney sebagai Frank Hawking.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini