nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kartika Putri Diperlakukan Diskriminatif ketika Pakai Cadar, Ini Komentar Petugas Bandara

Hana Futari, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 16:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 33 1872139 kartika-putri-diperlakukan-diskriminatif-ketika-pakai-cadar-ini-komentar-petugas-bandara-iMAt5J96yU.jpg Kartika Putri (Foto: Instagram)

JAKARTA - Kejadian kurang menyenangkan baru saja dialami artis Kartika Putri. Kartika merasa diperlakukan tidak adil oleh pihak bandara lantaran dirinya mengenakan cadar. Menanggapi hal tersebut, seorang perwakilan dari pihak bandara mengomentari keluhan Kartika.

Beberapa jam setelah foto tersebut dibagikan, salah seorang warganet yang mengaku sebagai petugas bandara memberikan komentarnya. Ia mengatakan jika pemeriksaan tersebut memang bersifat acak, tanpa maksud mengintimidasi. Ia juga menambahkan jika petugas bandara hanya menjalankan tugas. Bahkan, petugas bandara tersebut merasa senang melihat para muslimah bercadar. Ia juga berharap agar Kartika tidak menyalah artikan mengenai pemeriksaan tadi.

Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Pengalaman aku hari Ini sangat berharga untuk aku dan mungkin kita semua.. Jadi hari Ini aku dpt kirim an endorse  yaitu berupa syari dan niqab.. setelah foto aku buru karena pagi Ini aku harus ke bandara dan pakai taxi online (krn tdk ada yang bisa antar) jadi aku pake deh niqabnya biar nyaman dan aman aja.. smp dibandara aku tetap pake karena nyaman aja tp Sedih dan miris sekali karena sampai dibandara saya masuk di security check (Lolos karena tidak ada bunyi) tp koper saya diperiksa secara random ( FYI: sy selalu bawa koper kecil yang kosong untuk bawa buku saja) lalu sy bertanya knp random cuma sy pdhl koper saya kosong.. saya bilang apa krna saya pakai cadar (masih tenang)dan mereka cuma bilang random aja.. dan saya buka tetapi pandangan mereka sangat tidak “nice”😭 dan tidak sampai disitu.. dipemeriksaan ke dua terjadi hal yang sama bahkan di diperiksa tubuhnya(oleh petugas wanita memang) pdhl sy lolos sensor 😭😭 lagi dan lagi koper dan mereka meminta boarding pass pdhl sudah diperiksa 1x didepan😭😭 yaAllah mengapa aku merasa di “intimidasi” dengan niqab ini.. apa salah nya jika muslimah menggunakan niqab.. demiallah memang lebih nyaman (tdk menjadi pusat perhatian laki laki) dan merasa aman.. tp kenapa disini yang notabennya kebnykan orang muslim tp tdk bisa berlaku adil dan menerima dgn baik kepada muslimah yg menggunakan niqab.. Saya Jadi makin tertantang tuk menggunakan niqab ditempat umum lainnya tuk lbh tau bgmn reaksi sekeliling.. hmm Ingat ya kami muslimah yang menggunakan niqab juga mempunyai hati dan perasaan jd perlalukan lah sbgmn mestinya..🙏🏻🙏🏻 tnp di intimidasi.. 😭😭😭 Masih syock dan sedih😭😭😭

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld) on


Assalamualikum ukhti.. saya petugas bandara. Maksud merandom itu untuk pemeriksaan penumpang secara acak, bukan maksud untuk mengintimidasi ukhti dan kita hanya menjalan kan tugas . Kalau ada seseorang yang melewati WTMD (gawang), kami wajib untuk memeriksanya untuk keamanan penerbangan.. Saya malah sangat adem melihat ukhti-ukhti yang memakai cadar itu loh. jadi maksud kita memeriksa ukhti jgn salah arti ya. Salam sahabat ukhti. 😊😊, “tulis akun @divy.anja yang merupakan petugas Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Diketahui sebelumnya, Kartika mengunggah foto untuk menyerukan kekecewaannya. Dalam foto yang diposting Kartika di instagram pribadi miliknya, Kartika memposting foto yang memperlihatkan dirinya tengah mengenakan cadar. Foto tersebut ia lengkapi dengan sebuah caption yang cukup panjang. Pada caption tersebut ia menceritakan kronologis saat perlakuan tidak mengenakan tersebut berlangsung. Saat itu dirinya sudah lolos scurity check, namun tiba-tiba petugas bandara memeriksa kembali kopernya. Tak sampai di situ, pada pemeriksaan kedua terjadi kejadian yang sama. Bahkan menurutnya, tubuhnya ikut diperiksa oleh seorang petugas wanita, padahal ia telah lolos sensor namun pihak bandara malah meminta boarding pass.

Berikut potongan caption yang dituliskan Kartika, “Sedih dan miris sekali karena sampai di bandara saya masuk di security check (Lolos karena tidak ada bunyi) tapi koper saya diperiksa secara random (FYI: saya selalu bawa koper kecil yang kosong untuk bawa buku saja) lalu saya bertanya kenap random cuma saya pdhl koper saya kosong? Saya bilang apa krna saya pakai cadar (masih tenang)dan mereka hanya bilang random aja dan saya buka tetapi pandangan mereka sangat tidak enak. Tidak sampai disitu, dipemeriksaan ke dua terjadi hal yang sama bahkan diperiksa tubuhnya (oleh petugas wanita memang) pdhl sy lolos sensor 😭😭 lagi dan lagi koper dan mereka meminta boarding pass pdhl sudah diperiksa 1x di depan,“ curhat Kartika mengenai kejadian tersebut.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini