Image

Terbukti Berbohong, Mantan Pacar Kim Hyun Joong Didenda Rp62 Juta

Nadya Rima Damayanti , Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 21:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 08 33 1856858 terbukti-berbohong-mantan-pacar-kim-hyun-joong-didenda-rp62-juta-NM1dXD7Zu1.jpg Kim Hyun Joong. (Foto: Drama Fever)

SEOUL – Aksi saling tuntut antara bintang Boys Over Flowers, Kim Hyun Joong, dan mantan kekasihnya, Choi, masih berlanjut. Pada Kamis (8/2/2018), Pengadilan Distrik Seoul Timur memutus bersalah Choi atas kasus penipuan dan pencemaran nama baik.

Dengan putusan itu, Choi diharuskan membayar denda sebesar USD4.600 atau setara Rp62,1 juta. Dalam persidangan sebelumnya, jaksa menuntut Choi dengan hukuman penjara selama 1 tahun 4 bulan.

Baca juga: Kim Hyun Joong Gelar Fan Meeting Setelah Kasus DUI

Hakim ketua mengatakan, bahwa meskipun benar Choi menghapus sebagian pesan singkatnya dengan Kim Hyun Joong, namun tidak terbukti bahwa dia mengedit dan menambahkan bagian dalam SMS tersebut. Hakim menambahkan, setelah melihat keseluruhan pesan singkat yang telah dipulihkan, tidak ada bagian yang merugikan Choi.

Dengan demikian, tidak bisa disimpulkan bahwa tersangka telah memanipulasi barang bukti. Namun begitu, hakim tetap menyatakan Choi bersalah karena telah memberi keterangan palsu di persidangan.

Sebelumnya, Choi menyebut, pada Oktober 2014, Kim Hyun Joong memaksanya untuk menggugurkan anak yang dikandungnya. Namun kemudian, Choi mengakui, bahwa pernyataan itu tak benar.

Perseteruan personel SS501 tersebut bermula pada Agustus 2014. Kala itu, Choi mengklaim Kim memukulinya hingga tulang rusuknya patah dan menyebabkannya keguguran. Setelah bintang Playful Kiss itu meminta maaf secara terbuka, Choi kemudian mencabut gugatannya pada 17 September 2014.

Sayang, gugatan itu sudah terlanjur diproses dan Kim Hyun Joong tetap menjalani proses pengadilan. Pada 21 Januari 2015, pengadilan menjatuhkan hukuman denda sebesar KRW5 juta (Rp 62,31 juta) untuk Kim karena kasus penyiksaan tersebut.

Namun persoalan di antara keduanya tak lantas mereda. Kim dituding tak bertanggung jawab atas kehamilan Choi yang saat itu memasuki usia 10 minggu. Dari sinilah pernyataan keguguran yang pernah diutarakan Choi terbongkar. Kehamilan Choi pun menjadi tanda tanya besar.

Pada Desember 2015, Kim menjalani tes DNA yang membuktikan dia adalah ayah bayi yang dilahirkan Choi. Hal itu tak menghentikan Kim untuk menuntut mantan kekasihnya itu atas tuduhan pencemaran nama baik, pada Desember 2015.

Baca juga: Nyetir Sambil Mabuk, SIM Kim Hyun Joong Ditahan Polisi

“Dia berbohong dengan mengatakan Kim Hyun Joong membuatnya keguguran. Karena syok dengan perkataan Choi, klien kami memberikan biaya perawatan sebesar KRW600 juta,” ungkap Lee Jae Man, pengacara Kim kala itu.

Lee menambahkan, “Begitu bayinya lahir, Choi malah menggugat klien kami sebesar KRW1,6 miliar. Tapi kami tegas menolak permintaan itu. Mereka sekali lagi menyebarkan kebohongan. Kini, kami fokus mengumpulkan bukti untuk mengungkap kebenaran.”

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini