Triawan Munaf Tak Kaget Yon Koeswoyo Meninggal Dunia

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 05 33 1840605 triawan-munaf-tak-kaget-yon-koeswoyo-meninggal-dunia-kOwT8mfyNo.jpg Triawan Munaf (Foto: Rima/Okezone)

TANGERANG SELATAN - Kabar duka yang tengah menyelimuti industri musik Indonesia mendapat simpati dari pemerintah. Salah satunya dengan kehadiran Triawan Munaf, Ketua Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia ke rumah duka Yon Koeswoyo yang terletak di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

Yon tutup usia pada Jumat (5/1/2018) setelah dilarikan ke RS. Medika, BSD, Tangerang Selatan. Sebelumnya, ia telah memiliki penyakit komplikasi dari paru-paru dan diabetes.

Baca Juga: Kenang Sosok sang Ayah, Putra Yon Koeswoyo: Meski Sakit, Ia Senang Menghibur Banyak Orang

Triawan hadir ke rumah duka sekaligus menyampaikan simpati kepada keluarga Yon, seperti putra tertua Gerry Koeswoyo. Saat ditanyakan oleh awak media, ia mengatakan bahwa telah kehilangan sosok Yon bersama Koes Plus.

"Tidak terkejut karena mengingat faktor usia kita tahu bahwa semua orang akan ada waktunya di panggil oleh Yang Maha Kuasa cuma merasa kehilangan saja karena karya-karya beliau bersama Koes Plus," ujar Triawan.

Di samping itu, ayah penyanyi Sherina Munaf tersebut menyampaikan semangat Yon yang pernah didengarnya. Salah satunya adalah dengan menyerahkan karya-karya ciptaan Yon kepada negara.

"Saya tidak terlalu dekat, dia sangat nasionalis. Malah pernah saya dengar bahwa, ada hak cipta yang harus dilindungi dan kita daftarkan. Itu hak anak cucunya sampai 70 tahun. Tapi beliau tidak peduli," jelas Triawan.

"Beliau pernah bilang beliau serahkan semua karyanya untuk bangsa. Itu karena rasa nasionalis beliau. Betapa ingin orang bisa nikmati enggak usah bayar. Itu bisa jadi contoh untuk anak muda. Untuk membuat lagu tidak hanya soal cinta tetapi juga tentang nasionalisme seperti Kolam Susu-nya beliau," tambahnya.

Baca Juga: Rian Merinding Kenang Pesan Yon Koeswoyo untuk D'MASSIV

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini