nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Musisi Ini Bikin Band Baru saat Vakum

Lidya Hidayati, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 03 205 1839667 5-musisi-ini-bikin-band-baru-saat-vakum-KABDFfjX0s.jpg Musikimia Band (Foto: Okezone)

JAKARTA – Awal 2018 ini, grup band Nidji mengumumkan keputusan mereka untuk “tidur panjang” menyusul niat Giring untuk fokus ke politik dan konflik internal antar personel. Meski Nidji vakum, tapi para member memastikan jika mereka tak akan berhenti bermusik.

Sebagai alternatif, para member Nidji sudah menyiapkan grup lain untuk menampung hasrat bermusik mereka. Band sampingan para personel Nidji itu adalah NEV+ atau Nidji Electronic Version.

Rama, Ariel, Adri, Randy dan Andro menambahkan nama mereka menjadi NEV+ sebagai tanda bahwa ada sosok vokalis yang menjadi rekan kolaborasi mereka setiap manggung. Sejauh ini mereka telah menggandeng sejumlah solois yang ikut dalam aksi panggungnya.

Sebelum NEV+ lahir sebagai proyek sampingan para personel Nidji, sudah ada musisi-musisi Tanah Air yang juga membuat band sebagai side project mereka selain grup utama. Lima musisi lain yang juga pernah membuat grup sampingan adalah:

1. Uki ‘NOAH’

Karier bermusik Uki sempat terhenti ketika Peterpan vakum karena kasus yang membelit Ariel. Namun, Uki tak mau menyerah. Dalam kondisi demikian, suami Metha Yunatria Hikmah ini mengalihkan kemampuan bermusiknya ke grup band baru bentukannya. Pada 2010, Uki membentuk band bernama Astoria. Di awal terbentuknya, Astoria digawangi Uki, Gerry, Nayaka, dan Andre sebagai vokalis. Tapi setelah Uki mundur karena Peterpan terlahir kembali dengan nama NOAH, Astoria menggaet Gemma sebagai personel baru.

2. Eross ‘Sheila On 7’

Tak akan ada yang meragukan kemampuan bermusik seorang Eross Chandra. Musikalitasnya sudah diakui berbagai pihak. Kemampuannya menciptakan lagu sudah terbukti selama bertahun-tahun berkarier bersama Sheila On 7.