nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LIVE DAHSYAT: Rajin Salat, Pesan Terakhir Ayahanda untuk Irfan Hakim

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 08:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 22 598 1818320 live-dahsyat-rajin-salat-pesan-terakhir-ayahanda-untuk-irfan-hakim-N4PXVQv2Ti.jpg Irfan Hakim (foto: Vania Ika Aldida/Okezone)

JAKARTA – Rupanya, ayah Irfan Hakim dikenal sebagai pemuka agama selama hidupnya. Ini pula yang paling dikenang Irfan saat ditanyai para host dalam segmen Dahsyatnya Kring-Kring, Rabu (22/11/2017).

Dalam sambungan telefon bersama Raffi Ahmad, Denny Cagur, dan Dede Sunandar, Irfan Hakim merasa pesan yang paling diingatnya adalah untuk terus menjalankan ibadah salat. Tak hanya itu, pria bernama Rosyid Sukarya tersebut sering mencurahkan Irfan dengan pelajaran agama biarpun terkesan sedikit memaksa.

(Baca Juga: Sebelum Meninggal, Ayah Irfan Hakim Dirawat 53 Hari karena Komplikasi)

Irfan yang awalnya bingung belakangan baru paham manfaat “paksaan” dari pria yang akrab disapa Apa tersebut.

(foto: Instagram/@irfanhakim75)

“Salat, salat, salat, itu aja. Apa dari dulu emang sangat tegas. Saya pernah waktu kecil ingat banget dipaksa sekali di madrasah buat belajar agama. Saat itu sebel banget, tapi sekarang justru bermanfaat sekali. Sampai sekarang juga salat, salat, salat,” ungkap Irfan Hakim.

Pesan ini pun berlaku ketika Irfan baru ingin masuk dunia hiburan, sekira tahun 2000an. Irfan memang tidak direstui keluarga besar, namun Rosyid lebih ingin tahu keteguhan Irfan tetap rajin beribadah saat sudah menjadi artis. Karena sudah ingin menjadi selebriti, tuntutan itu disambut hangat oleh Irfan.

“Apa ngajarin cinta pada keluarga, pada umat, kerja keras, itu yang selalu Apa sampaikan,” lanjutnya.

(Baca Juga: Keinginan Irfan Hakim Umrah Bareng sang Ayah Pupus)

Sayangnya, impian terakhir Rosyid untuk umrah bersama keluarga besar harus kandas dengan meninggalnya pada Selasa 21 November 2017. Irfan Hakim mengungkap, penyebab kematian ayahnya itu adalah komplikasi berbagai organ yang dimulai dari kaki bengkak dan dehidrasi parah.

Sementara itu, ternyata impian Rosyid itu akan tetap dilaksanakan. Jika tetap mengikuti rencana, Irfan dan sekira 40 orang dari keluarga besarnya akan bertandang ke Tanah Suci pada Januari 2018. Sebenarnya, rencana ini sempat beberapa kali diundur karena ingin menunggu Rosyid sembuh, namun akhirnya gagal juga.

“Itu keinginan Apa untuk pergi umrah sekeluarga besar, ada 40 orang. Kemarin sempat bingung, tadinya mau diundur Maret apa gimana, tapi kita pikirin Apa dulu,” tutupnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini