nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disebut Memojokkan Aktris Wanita, Hanung Bramantyo Merasa Ucapannya Disalahgunakan Media

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Selasa 07 November 2017 00:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 06 33 1809558 disebut-memojokkan-aktris-wanita-hanung-bramantyo-merasa-ucapannya-disalahgunakan-media-h2YIBlZaCL.JPG Hanung Bramantyo (foto: Instagram/@hanungbramantyo)

JAKARTA - Sutradara Hanung Bramantyo menyatakan ucapannya dalam sebuah wawancara disalahgunakan oleh sebuah media daring. Merasa dirugikan karena artikel dari wawancara itu, Hanung akhirnya buka suara melalui Instagram, Minggu 5 November 2017.

Hanung pun mengutip sebagian artikel tersebut, yang seakan menyatakan bahwa dirinya merendahkan para aktris (pemeran wanita) dengan menyebut mereka hanya perlu cantik. Sebagai perbandingannya, Hanung menyatakan para aktor punya tantangan yang lebih banyak, seperti harus bisa memerankan banyak adegan dan benar-benar berkemampuan.

(Baca Juga: Divonis Empat Bulan Penjara, Axel Thomas Bebas Bulan Ini?)

Akhirnya, ia sendiri lah yang harus menjelaskan ucapannya itu dalam sebuah caption panjang. Menurut Hanung, ia mengutarakannya dengan maksud bercanda, tidak seperti yang dimaksudkan dalam artikel.

“Saya jawab: mudah mencari bibit baru tapi sulit menjadikannya populer, seolah syaratnya banyak. Meski memiliki kemampuan akting yang bagus, aktor pria tidak mudah meraih popularitas di kalangan pecinta film anak-anak muda. Berbeda dengan aktris yg hampir tiap 2-3 tahun selalu muncul wajah baru. Kalimat saya ‘asal cantik doang’ juga saya sampaikan tidak dalam konteks yg serius seperti yang dikutipkan,” buka Hanung.

(Baca Juga: Masuk Majalah Playboy Manila, Nikita Mirzani Ditawari Miliaran Rupiah)

Artikel yang dirilis pada Sabtu 4 November itu berdasar pertanyaan yang ingin mengorek sebab Hanung selalu memilih Reza Rahadian sebagai aktor utama di film-filmnya, dan bukan aktor lain. Alih-alih pernyataannya tersebut, di artikel itu justru tertulis “Kalau perempuan kan ya sudah lah, ibarat kata asal lo cantik aja”.

Karena artikel itu, Hanung sempat menerima hujatan dari banyak pihak, termasuk para aktris. Setidaknya ada dua aktris terkenal yang meminta penjelasan dari Hanung soal ucapan itu, yaitu Tara Basro dan Hannah Al Rashid. Tak terhitung juga hujatan dari warganet lain yang menimpa suami Zaskia Adya Mecca tersebut.

(Baca Juga: VIDEO: Makin Centil, Bilqis Mulai Lampaui Kepintaran Ayu Ting Ting soal Salon)

Hingga berita ini diturunkan, Hanung masih berusaha mengklarifikasi pernyataan itu. Hanung pun ingin meminta maaf kepada aktris-aktris wanita yang sudah tersinggung.

“Saya sadar bahwa seorang aktor harus punya kemampuan menghidupkan jiwa pada tokoh yang diperankan. Tak sekedar menyoal tubuh. Sayangnya wartawan sekedar mengutip begitu saja ucapan saya tanpa menyelipkan penjelasan konteksnya 😰 Barangkali karena keterbatasan ruang yang disediakan untuk memaparkan berita. Mohon maaf jika pernyataan saya terkesan merendahkan profesionalisme aktor perempuan. Sungguh Itu bukan maksud saya. Salam hormat 🙏🙏” tutup Hanung.

(Baca Juga: Jadi Presenter, Yuki Kato Temukan Banyak Tantangan Baru)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini