Jadi Korban Hoax, Vidi Aldiano Pernah Dituduh Hamili Anak Orang

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 05 November 2017 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 05 33 1808688 jadi-korban-hoax-vidi-aldiano-pernah-dituduh-hamili-anak-orang-7HwMNA3IZi.jpg Vidi Aldiano (foto: Vania Ika Aldida/Okezone)

JAKARTA - Berita hoax atau berita tidak benar memang menjadi sebuah masalah baru di Indonesia. Banyaknya masyarakat yang mudah terprovokasi tentu memiliki dampak yang buruk dan bisa menyebabkan perpecahan pada sebuah bangsa.

Penyanyi Vidi Aldiano mengakui bahwa berita hoax kini tak hanya menyentuh para publik figur seperti artis saja. Bahkan kini, berita hoax juga mulai merambah dan menyentuh pemberitaan mengenai negara, dan bahkan Presiden.

(Baca Juga: Yura Yunita Minta Netizen Kurangi Komentar Negatif dan Bully di Medsos)

"Oh pernahlah (jadi korban hoax), jelas. Itu namanya gosip kalau kita (artis). Kalau kita mah sudah sering," ungkap Vidi Aldiano yang ditemui di acara Siberkreasi Netizen Fair 2017, di Car Free Day (CFD) Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2017).

"Gosip yang berhubungan dengan kenegaraan itu mungkin baru keangkat tahun-tahun kemarin sama tahun-tahun ini. Kalau kita (artis) sendiri mah sudah sering banget," tambahnya.

(Baca Juga: Rumor Balikan Menguat, Orangtua Restui Hubungan Justin Bieber dan Selena Gomez)

Menjadi seorang publik figur, Vidi Aldiano mengaku bahwa berita hoax sempat pula menimpa dirinya beberapa waktu lalu. Namun ia mengakui selain memiliki dampak negatif, sosial media juga bisa berdampak positif, yakni sebagai tempat untuk mengklarifikasi mengenai isu hoax yang beredar.

"Ya itu, paling parah hoax hamilin anak orang, sampai kayak nenek gue yang di Padang dengar gitu beritanya sama keluarga juga. Kan stress," paparnya.

"Tapi sekarang karena sosial media sudah ada, jadi kitanya sendiri bisa mengklarifikasi langsung. Jadi lebih gampang untuk mantaunya," sambungnya.

(Baca Juga: Lulus dari JKT48, Melody Berurai Air Mata!)

Sementara itu, pria berusia 27 tahun ini menyatakan bahwa dirinya memiliki tips agar dirinya tidak mudah ikut terprovokasi apalagi tersulut emosi lantaran munculnya sebuah berita yang belum tentu benar. Bahkan, ia pun tak ragu memberikan tips agar masyarakat bisa dengan mudahnya tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita hoax.

"Ya lebih bijak saja dalam menyebar konten, terutama konten-kontrn yang profokatif. Jangan sampai elo menjadi pion-pion dari industri-industri hoax yang tadi gue bilang, dan membantu menyebarkan berita-berita yang ternyata enggak benar," tandasnya.

(Baca Juga: Bikin Iri! Pevita Pearce Difoto Gigi Hadid sampai Jongkok Segala)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini