Masih Ingat Si Doel Anak Sekolahan? Ternyata Begini Asal-Usul Pembuatannya

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 30 33 1804763 masih-ingat-si-doel-anak-sekolahan-ternyata-begini-asal-usul-pembuatannya-3tIjvI0iQA.jpg Rano Karno. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pada era '90-an, RCTI sempat menayangkan drama serial Si Doel Anak Sekolahan yang kisahnya masih melekat di ingatan publik hingga kini. Drama yang mengisahkan lika-liku kehidupan keluarga Betawi di pinggaran Jakarta itu dibintangi oleh Rano Karno yang berperan sebagai tokoh sentral, Doel.

Baca juga: Jelang Tayang Desember 2017, Damayanti Noor Ungkap Keunggulan Film Chrisye

Setelah hampir 2 dekade penayangannya, kini Rano Karno berencana mengangkat kisah si Doel ke layar lebar. Ia pun menceritakan sejarah kemunculan serial drama yang hingga saat ini masih ditayangkan ulang oleh RCTI tersebut.

Baca juga: Jarang Tampil Bersama, Lee Jong Hyun: Personel CNBLUE Sudah seperti Keluarga

"Ini kejadian tahun '80. Saya lagi umrah dan duduk di tiang Masjidil Haram. Apalagi nih ya, yang harus saya kerjakan," beber pria 57 tahun itu saat ditemui di kawasan Karang Tengah, Jakarta Selatan.

Dia menambahkan, "Terus ada teriakan, Abdullah, Abdullah, Doel. Itu enggak tahu kenapa seperti ada yang memanggil saya. Apa saya harus bikin Si Doel nih?" lanjut Rano Karno.

Baca juga: Unik! Rayakan Ulang Tahun Pertama Arsya, Anang & Ashanty Pilih Tema Sumpah Pemuda

Sementara untuk pemilihan nama tokoh, Rano mengaku terinspirasi dari buku karangan Aman Datuk Madjoindo. "Nah kenapa Doel? Karena dulu ada Si Doel anak Jakarta. Namanya Kasdullah. Saya pertama kali main sama babeh (Almarhum Benyamin Sueb) di situ. Babeh jadi supir truk, saya anaknya," tuturnya. (SIS)

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini