Movie Review: Flatliners, Menguak Misteri Alam Kematian

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 27 206 1803763 movie-review-flatliners-menguak-misteri-alam-kematian-ndNwfXBCrj.jpg

JAKARTA – Lima orang mahasiswa kedokteran sangat penasaran dengan apa rasanya kehidupan setelah mati. Apakah semuanya berjalan dengan baik-baik saja? Atau justru sebaliknya?

Rasa penasaran tersebut akhirnya membawa mereka ke dalam sebuah ekperimen gila bernama flatlining. Dengan menyuntikkan obat agar jantung berhenti sesaat, para mahasiswa ini akhirnya merasakan indahnya kematian sesaat.

Flatliners sejatinya adalah sebuah film reboot. Film serupa pernah dibuat pada tahun 1990 dengan dibintangi oleh Kiefer Sutherland, Julia Roberts, Kevin Bacon, William Baldwin, dan Kimberly Scott.

Kali ini, Flatliners dibintangi oleh para aktor dan aktris muda seperti Ellen Page, Diego Luna, Nina Dobrev, James Norton, dan Kiersey Clemons. Tak lupa, mereka mengajak Sutherland sebagai cameo untuk film kali ini.

Semua cerita berawal dari rasa penasaran Courtney terhadap dunia setelah kematian. Melalui sebuah riset, ia pun ingin membuktikan bahwa manusia masih bisa merasakan sensasi kematian sesaat sebelum akhirnya dibangunkan kembali.

Eksperimen pertama yang dijalani oleh Courtney pun berhasil. Selepas dari kematian sesaat, Courtney bahkan cenderung berubah menjadi orang yang lebih cerdas dan berbakat. Kesuksesan Courtney pun membuat beberapa teman lainnya penasaran. Alhasil, satu per satu dari Jamie, Marlo, dan Sophia mencoba eksperimen flatlining. Satu-satunya orang yang tidak melakukannya hanya lah Ray.

Eksperimen flatlining nyatanya mempunyai efek samping. Courtney, Jamie, Marlo, dan Sophia merasakan efek samping yang sangat mengganggu kehidupan mereka. Bayang-bayang kesalahan di masa lalu, yang terbayang saat flatlining dijalankan, terseret ke masa kini. Semuanya pun mendapatkan teror hebat dari masa lalu masing-masing.

Meski menawarkan peralihan genre di tengah jalannya film, Flatliners tetap saja dinilai kurang bersinar. Film garapan Niels Arden Oplev ini seolah kurang kreatif dalam menciptakan sesuatu yang baru di dalam filmnya.

Dari segi akting pun, hanya Ellen Page dan Nina Dobrev saja yang membuktikan memiliki kualitas akting lebih. Beberapa pemain lain terlihat kurang maksimal, entah di dalam pendalaman karakter atau pun pembangunan chemistry dengan pemain lainnya.

Jalan cerita Flatliners terasa sangat membosankan dan mudah ditebak. Hal tersebut menjadi nilai minus dari film ini.

Okezone memberikan nilai 5,7 untuk film Flatliners. Selain konsepnya yang sama, Flatliners pun tidak banyak menawarkan unsur bagus dan menarik di dalamnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini