nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HUT TNI: Maruli Tampubolon Salut dengan Kekuatan dan Integritas TNI

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 07:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 05 33 1789070 hut-tni-maruli-tampubolon-salut-dengan-kekuatan-dan-integritas-tni-SwHjUSJVfE.jpg Maruli Tampubolon bersama TNI (Foto: Dewanto/Okezone)

JAKARTA - Maruli Tampubolon dibuat bangga setelah melihat kemampuan para personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara langsung. Karenanya, ia menilai sudah selayaknya masyarakat menghargai satuan utama untuk pertahanan negara itu.

- Baca Juga: Makna Hari Valentine bagi Maruli Tampubolon

Pria 30 tahun itu pun menyebut jangan sampai masyarakat Indonesia kalah bangga dari negara lain, termasuk Amerika Serikat yang sering membangga-banggakan kemampuan militernya sendiri.

“Kita harus mulai bangga dengan diri kita sendiri. Jati diri kita, ya di sini. Kalau bukan kita yang membanggakan TNI, siapa lagi. Amerika noh, kerjaannya bangga-banggain mereka punya tentara, ya kita juga dong,” ucap Maruli pada Okezone di MNC News Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Maruli menyaksikan kemampuan TNI melalui kerja sama menggarap sebuah film bersama Sat 81 KOPASSUS. Setelah menjalani sesi latihan dan operasi layaknya tugas militer sungguhan, ia menilai para personel TNI sangat kuat.

Mulai dari perlengkapan, hingga kemampuan membawa senjata-senjata berat seperti senapan tembak jitu (sniper rifle) di medan yang sulit, tidak diragukan lagi bahwa kemampuan TNI lebih besar dari yang dikira.

Ini juga diakui rekannya, pegiat olahraga Verdy Bhawanta, yang merasa persepsi masyarakat tentang TNI selama ini tidak sepenuhnya benar. Verdy pun menilai kekuatan militer Indonesia akan terus menguat, apalagi mengingat banyaknya kasus terorisme dan proxy wars yang masih menyibukkan TNI di bawah komando Panglima Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Lu jangan salah, kita ini tentara yang paling diperhitungkan di dunia lho. Bisa riset sendiri. Dan senjata-senjatanya cupu? Kamu bisa lihat, high-tech banget, cuma enggak pernah diekspos. Katanya tentara luar keren, mana? Enggak. Saya baru masuk, ternyata beda,” tegas Verdy.

Selain itu, Maruli mengungkap bahwa integritas satuan TNI juga seharusnya dijunjung tinggi masyarakat Indonesia secara umum. Nilai-nilai dan berbagai semboyan TNI dinilai dapat memperkuat mental masyarakat agar tidak mudah terpengaruh ideologi dari luar yang ingin negara keluar dari ideologi Pancasila.

- Baca Juga: Hari Batik Nasional, Maruli Tampubolon: Kadang Enggak Melihat Seberapa Kayanya Kita!

“Nilai-nilai luhurnya itu yang harus kita tahu dulu, biar enggak terpengaruh ideologi dari luar yang enggak jelas. Dibilang yang namanya brainwashing, enggak lah, tentang yang bagus kok,” ucap Maruli.

“Itu dulu nempel di otak. Ayo lah bangkit lah untuk jati diri kita yang bagus, cinta tanah air, dan lain-lain,” tutupnya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini