nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batik, Salah Satu Pintu Pariwisata bagi Chacha Frederica

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2017 01:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 02 33 1787424 batik-salah-satu-pintu-pariwisata-bagi-chacha-frederica-gkDkiZykDz.jpg Chacha Federica dan suami (Foto: Instagram)

JAKARTA - Aktris peran Chacha Frederica memang diketahui nemiliki usaha di bidang fesyen. Ia bahkan menggunakan kain batik sebagai bahan utama dari fesyen yang telah dirintis sejak 2016 lalu, Benang Nusantara.

Di peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh hari ini, wanita kelahiran Jakarta ini mengaku bahwa batik merupakan salah satu identitas negara Indonesia yang ia harapkan bisa menjadi pemersatu bangsa. Selain itu, sahabat karib Jessica Iskandar dan Nia Ramadhani ini juga berharap agar ke depannya batik bisa menjadi salah satu pintu pariwisata di Indonesia yang dapat menarik banyak minat wisatawan untuk membelinya.

(Baca Juga: Rifky Balweel dan Biby Alrein Janji Undang Risty Tagor di Hari Pernikahan)

(Baca Juga: Waduh, Adik Kandung Nagita Slavina Sempat Lupa Hari Batik Nasional)

"Jadi aku memaknai batik itu ya satu sebagai identity negara, kedua salah satu pemersatu bangsa, ketiga semoga batik menjadi gerbang pariwisita untuk Indonesia. Soalnya mungkin kalau ada orang yang belum tahu letak geografis Indonesia berada dimana sih, dan Indo terkenal apaanya sih," ungkap Chacha Frederica yang ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin (2/10/2017).

"Paling enggak kalau ada yang memakai batik, seperti Eropa akhirnya mengetahui. Jadi ini kan jadi pintu pariwisata," sambungnya.

Ditanya sejak kapan Chacha menyukai batik, istri dari Dico Ganindito ini mengaku sudah sejak lama dirinya menyukai batik. Kesukaannya terhadap batikpun diakuinya merupakan turunan dari eyangnya yang memang mengoleksi kain batik.

(Baca Juga: Dipolisikan Khairil Anwar, Muzdalifah: Kok Kita Dilaporkan Balik?)

(Baca Juga: Bukan Suami, Seorang Pria Tampan Temani Vicky Shu saat Jalani Pemeriksaan First Travel...Siapakah Dia?)

Tidak hanya sekadar suka dan mengoleksi, diberbagai kesemoatan wanita 27 tahun ini juga sering menganakan batiknya. Bahkan ia memilih untuk tak menjadikan kain batik tersebut sebagai pakaian yang dijahit, hanya sebagai dodotan yang hanya memerlukan peniti dan tali pengikat saja.

"Kalau suka sih sudah dari dulu ya, soalnya dari eyang-eyang aku pecinta batik. Sekarang pun waktu eyang ku meninggal aku punya batik yang banyak banget dan akhirnya dibagi-bagiin ke cucunya," tuturnya.

"Sampai sekarang pun aku pakai kalau kondangan, sengaja aku enggak jahit jadi tinggal aku dodot saja, itu bahannya halus banget. Kalau batik zaman dulu itu katanya punya nafas dan soul-nya. Semakin tua batik akan semakin bernilai," tambahnya.

Lebih jelasnya Chacha mengaku bahwa dirinya tidak hanya memiliki batik dari satu daerah saja. Ia menyatakan bahwa dirinya yang hobi travelling seringnkali membeli batik dari berbagai daerah yang ia kunjungi.

"Banyak, kalau yang aku beli baru-baru ini banyak karena aku kan hobby travelling kan di Indonesia, ada yang aku beli di Bali tapi itu batik Jawa. Tapi tetep aku beli tenun Bali juga," tandasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini