Image

Shandy Aulia Cerita Jatuh Bangun Jalani Bisnis Fesyen, Sampai Dicaci-maki Konsumen

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017, 08:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 11 33 1753774 shandy-aulia-cerita-jatuh-bangun-jalani-bisnis-fesyen-sampai-dicaci-maki-konsumen-suwKarz8TI.jpg Shandy Aulia dan suami (Foto: Instagram)

JAKARTA - Menjalani bisnis di bidang fesyen sejak tahun 2006 ternyata membuat aktris cantik Shandy Aulia paham betul bagaimana cara menangani konsumen dan membuat mereka betah untuk terus-terusan berbelanja di tokonya. Ia bahkan rela membagi tips bagaimana seseorang bisa sukses dalam menjalani sebuah bisnis.

(Baca Juga: Digosipkan Hamil, Shandy Aulia Berikan Bantahan)

(Baca Juga: Cuma Foto Sama Dokter, Shandy Aulia Disangka Hamil)

Tidak hanya konsisten dalam menjaga mutu dan memberikan perhatian kepada pelanggan, wanita berusia 29 tahun ini bahkan mengaku bahwa sebagai penjual, ia harus memiliki ide kreatif dengan memanjakan mata dan naluri para pelanggannya. Hal ini dilakukan agar pembeli tetap terus menjadi langganan.

"Tips sukses kita harus konsisten dan harus kreatif. Jangan cepat puas. Kayak saya contohnya, setiap koleksi keluar setiap bulan. Tiap brand 30 collection. empat kali empat sudah berapa koleksi. Biasanya kita gantian. Misal foto di outdoor atau kadang indoor. Kadang bikin konsep. Kadang saya bikin budget juga buat photoshoot jadi enggak boring," ujar Shandy Aulia yang ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

(Baca Juga: Ingin Berpose Seksi, Shandy Aulia Akui Harus Kantongi Izin Suami)

(Baca Juga: Ketika Shandy Aulia Bicara Perselingkuhan dalam Pernikahan, Bikin Termenung)

"Sebenernya pengganti toko itu kan mata kita berbelanja, display-nya di foto. Jadi harus semenarik mungkin, dan biasanya customer kalau fesyen itu se-real mungkin akan lebih suka. Daripada sekadar berdiri. Mungkin ada yang suka di outdoor jadi bisa lebih berilustrasi, 'Oh kalau pakai baju ini cocok nih buat siang, buat malam'. Jadi kita memanjakan mata mereka juga," sambungnya.

Setelah sukses membangun bisnis fesyennya sejak 2006 lalu, istri dari David Herbowo ini mengaku akan kembali melebarkan sayapnya di dunia penjualan. Ia bahkan mengaku akan segera merambah bisnis di bidang kecantikan dan juga kuliner.

"Saya ada project ke depannya saya akan launching skincare, kosmetik, dan produk minuman yang saya tujukan untuk UKM industri. Jadi dengan modal kecil, udah bisa berbisnis sendiri. Ditunggu," ucapnya antusias.

Sementara itu, ia pun mengaku bahwa bisnis yang ia geluti tidak selalu lancar seperti yang diduga. Ia bahkan menyatakan bahwa sempat merasa kesulitan untuk menghadapi konsumen yang emosian dan tak sabar untuk mendapatkan barang pesanan mereka.

"Sebenernya kalau ribet itu bagian dari resiko customer service, sudah biasalah dimaki-maki. Ada yang enggak sabar. Maksudnya kan saya punya admin lima online, kadang mereka maunya seperti private customer service. Mau langsung immediately," tuturnya.

"Kita selalu memberikan pengertian, kepada cs atau admin, yang namanya customer adalah raja. Apapun yang mereka katakan kita cuma bilang mohon maaf, kita akan perbaiki. Tapi kembali lagi ke masing-masing. Ya itu bagian dari bisnis ini dan customer service itu penting," tandasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini