nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hobi Traveling Jadi Cara Mudah Nia Dinata Temukan Ide Pembuatan Film

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 20:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 08 206 1752188 hobi-traveling-jadi-cara-mudah-nia-dinata-temukan-ide-pembuatan-film-lTHSV5YpEv.jpg Nia Dinata (Foto: Ria/Okezone)

JAKARTA - Menjadi seorang sutradara menuntut Nia Dinata untuk terus kreatif dalam menghidupkan perfilman Indonesia. Maka ia harus mengetahui banyak hal mulai dari ranah Ibu Kota yang identik dengan kata mewah sampai pada kondisi masyarakat paling bawah.

(Baca Juga: Nia Dinata dan Lucky Kuswandi Cari Penulis Naskah Berbakat)

Beruntungnya, Nia Dinata gemar melakukan perjalanan ke beragam daerah. Ia juga tak pernah melakukan traveling tanpa belajar dari orang-orang yang ditemui dengan cara mengobrol dengan mereka.

"Aku paling doyan ngobrol. Jadi misalnya traveling ke all over Indonesia atau even outside Indonesia, pasti kayak misalnya kita naik kapal soalnya indonesia kan archipelago, pasti saya ngobrol sama kapten kapalnya, sama abk-nya, tanya mereka umur berapa, terus ternyata mereka dari 14 tahun sudah bantuin bapaknya meng-operate kapal dan ternyata mereka lancar sekali melemparkan jangkar, yang gitu-gitu lho," jelasnya saat dijumpai di kawasan SCBD, Jakarta Selatan pada Selasa (8/8/2017).

(Baca Juga: Nia Dinata Nilai Penulis Naskah Indonesia Berada di Titik Lemah)

"Saya nyangsang di pulau terpencil misalnya di Indonesia Timur, saya pasti nanya, ada rumah sakit enggak? Ibu-ibunya kalau mau lahirin bagaimana? Oh kita pakai dukun beranak, anterin dong pengin ngobrol sama dukun beranaknya. Kayak gitu-gitu. Soalnya aku paling seneng ngobrol sama local people," sambung sutradara kondang ini.

(Baca Juga: Ini Kisah Tiga Dara, Film Terbaru Nia Dinata)

Dari hal tersebut, banyak ide yang didapatkan untuk dijadikan film. Maklum, di zaman yang semakin modern, harus banyak inovasi yang diciptakan dalam pembuatan karye seni semacam itu.

"(Jadi dapat banyak ide) Betul sekali," kata perempuan berdarah Minang ini.

Selanjutnya, Nia Dinata juga berbagi keseruan saat berkunjung ke Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur. Disana putri salah seorang pahlawan Indonesia ini juga mendapatkan pemandangan yang lantas menjadi ilmu bermanfaat untuknya.

(Baca Juga: Nia Dinata Siap Remake Film Tiga Dara)

Banyak kecerdasan penduduk disana yang membuatnya tertarik dan kagum. Untuk mendapatkan warna yang akan digunakan dalam tenunan mereka, para Ibu-ibu disana memanfaatkan hewan-hewan yang ditemukan di sekitar lautan.

"Yang menarik tentu ibu-ibu tenunnya ya. Mereka suaminya nelayan nangkep cumi, kan ada tinta itemnya, nah tinta itemnya dijadiin pewarna untuk tenun, makanya tenunnya item," seru Nia.

"Terus bintang laut kan saking indahnya pantai Alor kan kita enggak usah cari ke laut dalem kan untuk ketmu bintang laut. Di pinggir pantai saja jalan dua langkah ketemu air sudah ketemu bintang laut yang (warna) oren yang (warna) biru. Pewarnaan oren sama biru ternyata dari bintang laut," sambungnya.

"Ternyata they really use nature sekitarnya ada apa. Senengnya. Karena mungkin di jawa pewarnaannya pakai tumbuh-tubuhan. Karena mereka tinggalnya di laut, makanya mereka pakai apa yang ada di laut. It's very interesting," pungkas Ibu dua orang anak tersebut.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini