CELEB STORY: Comeback, Pembuktian SNSD di Tengah Maraknya Girlband Bubar

Lidya Hidayati, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 01 33 1726600 celeb-story-comeback-pembuktian-snsd-di-tengah-maraknya-girlband-bubar-DNeD0QSD9J.jpg Celeb Story (Foto: Okezone)

SEOUL – Girls’ Generation atau biasa juga dikenal sebagai SNSD siap melakukan comeback mereka yang sudah ditunggu-tunggu Agustus 2017. Comeback pertama dalam dua tahun itu memiliki arti penting bagi SNSD. Pertama, comeback itu dibuat untuk merayakan 10 tahun debut Taeyeon cs. Kedua, comeback ini sekaligus menjadi pembuktian SNSD sebagai girlband dari generasi kedua yang masih eksis dan berjaya di tengah maraknya pembubaran girlband sepanjang tahun ini.

Pada 2007 silam, SM Entertainment membentuk girlband beranggotakan sembilan wanita cantik yang diberi nama Girls’ Generation atau SNSD. Taeyeon, Tiffany, Yuri, Sooyoung, Sunny, Yoona, Seohyun, Hyoyeon, dan Jessica menandai debut mereka lewat penampilan panggung pertama di acara musik Inkigayo dengan membawakan lagu Into the New World (ITNW).

Meski sudah debut sejak 2007, tapi baru pada 2009 lah SNSD merasakan nikmatnya popularitas. Album "Gee" dengan lagu utama berjudul sama seolah menjadi candu bagi pecinta musik Korea kala itu. Gee bahkan sempat meraih predikat sebagai lagu yang paling lama memuncaki chart musik di Music Bank sebelum rekornya dipatahkan oleh Gangnam Style (2012).

Dengan popularitas yang didapat sejak "Gee", album-album dan single yang dirilis SNSD terus merajai tangga lagu di tahun-tahun berikutnya. Sebut saja album Tell Me Your Wish (Genie) yang mencatat rekor setelah terjual 50 ribu kopi dalam waktu seminggu di 2009. Konser solo perdana SNSD di tahun yang sama juga disambut antusias oleh fans, terbukti dengan terjual habisnya tiket dalam waktu tiga menit saja.

Sukses di Korea, SM Entertainment mencoba peruntungan dengan mengirim SNSD ke pasar musik Jepang. Pertengahan 2010, SNSD menandatangani kontrak dengan EMI Records Japan untuk debut mereka di Negeri Sakura. Hasilnya tak mengecewakan. DVD pertama, “New Beginning of Girls’ Generation”, yang berisi tujuh video klip SNSD langsung duduk di peringkat 4 Oricon Chart dan menjadikan SNSD sebagai girlband pertama Korea yang berhasil masuk top five Oricon.

Maka dimulailah masa kejayaan SNSD sebagai salah satu girlband top, tak hanya di Korea, tapi juga Jepang. Sukses mengekspansi Jepang, SNSD mulai merambah dunia internasional. Album 2013 mereka, “I Got A Boy” menuai sukses luar biasa. Video klip I Got A Boy bahkan membawa SNSD memenangkan trofi dari YouTube Music Awards 2013 mengalahkan Justin Bieber dan PSY kala itu.

Bertahun-tahun menuai sukses, SNSD mulai menghadapi ujian berat. September 2014, untuk pertama kalinya, SNSD harus rela kehilangan satu member ketika Jessica tak lagi bergabung dengan mereka. Penyebab keluarnya Jessica dari SNSD pun masih simpang siur kala itu. Jessica menyebut dirinya didepak dari grup yang sudah membesarkan namanya, sementara SNSD mengklaim kakak Krystal Jung itu mengundurkan diri karena ingin fokus mengembangkan bisnis fasyen miliknya dan bersolo karier.

“Aku mendapat pemberitahuan soal dikeluarkannya aku dari SNSD oleh agensi pada 29 September dan aku tak bisa menutupi keterkejutan dan kemarahanku. Aku selalu mendahulukan aktivitas SNSD sebelum bisnis atau kehidupan pribadiku sebagai personel SNSD. Tapi, tak peduli betapa kerja kerasku untuk tim, aku diminta meninggalkan grup oleh agensi,” kata Jessica kala itu seperti dilansir Allkpop.

Di sisi lain, SM Entertainment memberikan penjelasan yang bertolak belakang. Agensi yang juga menaungi Super Junior ini mengklaim jika Jessica sudah mengumumkan niatannya untuk meninggalkan SNSD setelah mereka merilis satu album lagi. Agensi makin terkejut karena Jessica tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya dari SNSD lebih cepat dari rencana awal tanpa memberitahu SM atau rekan-rekannya.

“Di tengah negosiasi soal konflik perbedaan prioritas dan kepentingan, Jessica memulai bisnis fashionnya. Karena itu, meski pembicaraan masih berlangsung, kami sampai pada titik dimana tim tak bisa dipertahankan. Oleh karena itu, agensi tak punya pilihan selain melanjutkan kegiatan SNSD dengan delapan member lebih awal dari rencana awal. Dan ketika kami berniat mengumumkan ini, Jessica sudah lebih dulu memposting pernyataannya pagi ini,” klaim SM Entertainment.

Kehilangan salah satu vokalis utamanya, banyak yang meragukan kelanjutan SNSD setelah kepergian Jessica. Apalagi banyak girlband yang terpuruk setelah kehilangan member mereka. Tapi SNSD membuktikan diri jika mereka bukan girlband biasa. Ditinggal satu member, SNSD makin memperlihatkan kekompakan mereka dan determinasi untuk terus berkarya demi fans yang tetap setia mendukung mereka.

Catch Me If You Can menjadi lagu Jepang dan Korea pertama yang dirilis SNSD dengan delapan member. Sementara album “Lion Heart” yang dirilis Agustus 2015 menjadi album dengan penjualan terbaik ke-13 di tahun tersebut. Sebuah bukti bahwa SNSD tak kehilangan sentuhan magis mereka meski ditinggal Jessica.

Kini setelah dua tahun vakum dan kedelapan member sibuk dengan kegiatan individu masing-masing, SNSD siap kembali meramaikan kancah permusikan K-POP. Kembalinya SNSD ini diharapkan bisa membawa angin segar bagi industri musik Korea yang belakangan didominasi grup-grup baru yang mayoritas mengusung konsep sama.

Seorang sumber dari orang dalam SM Entertainment mengatakan jika SNSD telah mengerjakan album comeback mereka dan sudah memilih lagu yang akan dijadikan sebagai title track. Pada pertengahan Juni, SNSD direncanakan untuk syuting video klip mereka pada akhir bulan lalu. Tapi hingga kini masih belum ada kabar.

Walaupun SM Entertainment belum memberikan konfirmasi resmi, tapi para personel SNSD telah memberikan banyak bocoran. Yoona misalnya. Mantan kekasih Lee Seung Gi ini mengatakan jika grupnya akan comeback Agustus mendatang.

“Kupikir akan menyenangkan untuk merilis musik yang bisa menunjukkan suaraku, jadi aku bersiap-siap untuk itu. Dramaku berikutnya akan tayang pada musim panas, tapi Agustus nanti adalah perayaan 10 tahun debut SNSD. Jadi aku pikir kalian akan bisa melihatku sebelum itu,” kata Yoona seperti dikutip dari Soompi yang diartikan penggemar sebagai bocoran rencana comeback Agustus.

Comeback yang ditunggu-tunggu ini juga sekaligus pembuktian kepada dunia bahwa girlband generasi kedua K-POP masih belum habis. Seperti diketahui, sejak tahun lalu banyak girlband generasi kedua yang mengumumkan bubar karena kontrak habis atau ditinggal membernya. SNSD siap kembali meramaikan industri musik K-POP dan memantapkan diri mereka sebagai Ratu K-POP. Be ready. The Queen of K-POP is back.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini