Lingkungan Beragam, Rian Indonesian Idol Belajar Toleransi Sejak Dini

Sumarni, Jurnalis · Selasa 27 Juni 2017 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 33 1723956 lingkungan-beragam-rian-indonesian-idol-belajar-toleransi-sejak-dini-oxRfbqHHME.jpg Rian 'Idol Junior' (Foto: Instagram)

JAKARTA - Masih berusia dini, penyanyi cilik Febrian Napitupulu sudah diajarkan soal pentingnya bertoleransi dalam beragama oleh kedua orangtua. Rian sapaan akrabnya mengungkap bahwa di dalam lingkungan sekitar memang penuh dengan agama yang beragam.

"Kalau keluargaku memang gitu. soalnya lingkungan di rumah itu enggak cuma satu agama aja. Enggak cuma Kristen sama Islam aja. Tapi ada Budha, Hindu dan sebagainya," paparnya kepada Okezone saat dijumpai di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.

Kata penyanyi jebolan Indonesian Idol Junior musim pertama itu, bentuk toleransi bisa dilihat saat hari raya tiba. Biasanya, ketika Natal tiba para temannya yang beragama muslim pasti akan turut menghormati, begitu pun sebaliknya.

"Jadi kalau mereka puasa sama lebaran kita menghargai. Kita natalan mereka juga menghargai kita. karena sebelum ke Jakarta rumahku di Mataram, Lombok. Jadi lingkungannya sedikit di situ berasa toleransinya harus ada," sambungnya.

Di samping itu dalam nuansa lebaran, Rian rupanya turut mengikuti tradisi seperti makan ketupat sayur hingga silaturahmi dari rumah ke rumah. Penyanyi yang tergabung dalam manajemen Star Media Nusantara itu pun ternyata sempat mencoba-coba ikut berpuasa.

"Cuma sesekali pernah coba ah puasa gimana rasanya. Soalnya aku engga pernah puasa. Jadi kayak ngelihat mereka puasa antusias gitu pingin nyoba. Jadi waktu mencoba itu dua hari," jelasnya.

"Awal-awal kurang terbiasa. Apalagi kalau main kehausan. Cuma pengalaman menarik juga bisa mencoba hal yang baru. Karena itu juga toleransi buat teman-teman yang muslim," pungkasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini