Tradisi Eza Yayang ketika Rayakan Lebaran

Sumarni, Jurnalis · Selasa 27 Juni 2017 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 33 1723895 tradisi-eza-yayang-ketika-rayakan-lebaran-rWE6LP1QRB.jpg Eza Yayang (Foto: Sabki/Okezone)

JAKARTA - Ada tradisi khusus yang biasa dilakukan oleh aktor peran sekaligus mantan penyanyi cilik, Eza Yayang saat hari raya. Bintang Tukang Ojek Pengkolan (TOP) itu rupanya rutin berangkat nyekar pasca-salat Ied.

Eza memilih sengaja tak berziarah ke makam orang terkasihnya saat awal bulan puasa ataupun selama bulan Ramadan. Ia mempunyai alasan sendiri.

"Cuma gua kalau ziarah itu di lebaran. Karena kan biasanya nyekar di bulan puasa tapi gua pas hari H lebaran nyekarnya. Abis salat Ied gua nyekar," katanya kepada Okezone saat dijumpai di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Ia pun menambahkan, "Soalnya rame-rame. Biasanya sama keluarga rame-rame ke makam nenek di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Karet."

Di samping itu, Eza juga mengungkapkan ada tradisi kumpul bersama saat lebaran. Biasanya, keluarga besar bapak satu orang anak itu berkumpul di rumah sosok yang dituakan dalam keluarga.

"Dulu waktu ada nenek kita kumpul di Tanah Abang karena gua asli Tanah Abang. Karena nenek udah enggak ada jadi ke adiknya. Tapi adiknya kemaren udah meninggal. Jadi sekarang di Depok," jelasnya.

"Hal yang spesial selama lebaran sendiri mungkin sama kayak khalayak luas di Indonesia. Ketemu orangtua, ketemu saudara. Sama sih gitu aja," pungkasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini