Share

Ustadz Zacky Mirza Jadikan Ramadan Momen Introspeksi Diri

Miftahul Khoiriyah, Okezone · Rabu 31 Mei 2017 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 31 33 1704374 ustadz-zacky-mirza-jadikan-ramadan-momen-introspeksi-diri-oVgE1C4zpU.jpg Ustadz Zacky Mirza (Foto: Ria/Okezone)

JAKARTA - Ramadan dijadikan sebagai momen untuk introspeksi diri oleh Ustadz Zacky Mirza. Pria 37 tahun tersebut mengaku banyak mengingat segala kesalahannya kepada orang lain di bulan ini.

"Kalau saya bulan Ramadan itu lebih banyak introspeksi diri. Belajar dari kesalahan yang sudah lewat, coba korek-korek diri sendiri," jelasnya di gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Rabu (31/5/2017). 

Ustadz Zacky Mirza bisa lebih banyak memikirkan kesalahannya saat berpuasa karena berada dalam kondisi lapar. Kesalahan yang dilakukan kepada sesama seolah membayangi ingatannya sehingga bisa lebih banyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Selain itu, bapak lima orang anak ini juga selalu berdoa di setiap kesempatan. Harapannya tak lain adalah sama, yakni ingin kembali berkesempatan menjumpai Ramadan pada tahun depan.

"Karena mumpung lagi lapar. Orang itu paling susah introspeksi diri kalau lagi kenyang, habis makan kenyang pasti bawaannya ngantuk, tidur. Kalau kayak gini kan kita lapar nih, ngapain gitu ya. Mikir ya Allah kemarin saya salah apa ya sama si A si B, terus kalau lagi tarawih kita doa supaya mudah-mudahan ini bukan Ramadan yang terakhir tahun ini gitu," pungkas Ustadz Zacky Mirza.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini