Image

Dangdut pun Masukan Unsur Elektronik demi Jangkau Pasar Anak Muda

Alan Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017, 02:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 18 205 1645967 dangdut-pun-masukan-unsur-elektronik-demi-jangkau-pasar-anak-muda-gMJoZeLJwn.jpg RDI 97,1 FM (Foto: Ist)

JAKARTA - Musik dangdut banyak mengalami inovasi dalam beberapa tahun belakangan ini. Tak hanya murni unsur melayu, dangdut pun memasukan banyak unsur genre lain.

Unsur berbagai genre bahkan reggae hingga elektronik hadir dalam nuansa musik dangdut saat ini. Unsur elektronik paling banyak hadir. Elektronik memang bukan hanya merasuki dangdut tetapi seluruh genre seiring dengan perkembangan zaman.

Dalam deretan musik favorit dalam situs Radio Dangdut Indonesia (RDI) 97,1 FM, dari 10 lagu favorit banyak mengandung unsur elektronik. Sebut saja lagu Sianida dari Duo Serigala, Om Telolet Om dari Via Vallen atau Sambalado dari Ayu Ting Ting.

RDI 97,1 FM yang hadir dengan format dangdut modern, mainstream pop dan melayu, musik Unsur elektronik senantiasa hadir untuk menjangkau penikmat musik.

Anggapan ini dibenarkan oleh penyanyi Shelda Vaizha yang hadir dengan musik dangdut EDM berjudul Sayang Cepat Sayang. Menurutnya musik elektronik tak bisa dilepaskan ketika ingin menjangkau pasar anak muda.

"Jadi bisa diterima anak muda. Bukan dangdut klasik yang seperti biasanya. Jadi dangdutnya lebih ceria," jelas Shelda.

Baginya dangdut menjadi salah genre yang bisa dipadupadankan dengan genre lain. Sehingga warna musik dangdut makin beragam. "Saya mau mengembangkan dangdut enggak cuma bisa koplo, tapi bisa di mix dengan EDM atau kedepannya orkestra," sambungnya.

Meski demikian, satu hal yang tak bisa dihilangkan dalam dangdut. Cengkok menjadi pondasi kuat. Sebanyak apapun dan beragamnya musik dangdut ketika dikolaborasikan dengan genre lain cengkok tak bisa hilang. Dan tidak semua penyanyi bisa menghadirkan cengkok yang khas. "Tidak semua orang bisa lagu dangdut," tegasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini