nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tipe-X Ungkap Pengalaman Dicap Pecundang

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2017 15:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 09 33 1638483 tipe-x-ungkap-pengalaman-dicap-pecundang-7ZszEKT9Zr.jpg Tipe X (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Band dengan genre pop ska asal Indonesia, Tipe-X, sudah lama tak terdengar namanya. Di tengah masa vakumnya, band dengan sembilan personel ini ternyata baru saja mengeluarkan sebuah buku berjudul "1999 Ketika Pecundang Jadi Pemenang" tentang kisah perjalanan band mereka selama 22 tahun.

Alasannya cukup sederhana, pada tahun 1999 Tipe-X mendapat tantangan di mana mereka ingin berkarya namun industri musik menganggap mereka sebagai pecundang. Tresno, sang vokalis, menjelaskan bahwa buku ini diambil dari kisah semua personelnya. Isinya pun tak hanya cerita manis tentang perjalanan karier mereka, beberapa kisah buruk pun tetap dimasukkan ke dalamnya.

"Kita meluncurkan buku alasannya tahun 1999, di mana kami ingin eksis tapi kami dianggap pecundang. Karena tahun itu, musik genre rock lagi merajalela kan. Terus, selain itu, di buku ini memang cerita dari seluruh personil Tipe-X. Bukan cuman yang bagus-bagus aja, tapi yah memang yang jeleknya ada juga," ujar Tresno ketika ditemui di kawasan Jakarta Timur, Rabu (8/3/2017).

Kunci kesuksesan mereka bertahan selama 22 tahun ternyata adalah dengan saling berbagi keluhan satu sama lain. Dengan demikian, hubungan pun terjalin semakin kuat dan jarang terjadi percekcokan di antara personel.

Selain itu, Tipe-X juga ternyata memiliki pemikiran sederhana di awal kariernya. Mereka tak pernah berpikir untuk menjadi sebuah grup band yang sukses di kancah musik nasional. Mereka hanya berpikir bagaimana untuk bisa bermain musik. Alhasil, sampai saat ini mereka masih bertahan dengan ciri khas musik ska mereka yang tergolong beda dengan band Tanah Air lainnya.

"Waktu itu juga enggak berpikir, main musik bisa meledak. Karena senang ska, ya sudah maju dengan ska aja. Kalau sekarang ternyata album pertama meledak, orang sudah tahu kita punya karya ya sudah maju terus. Yah sampai sekarang 22 tahun dengan genre yang baru saat itu," tutupnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini