Movie Review: Lion, Perjalanan Penuh Makna Mencari Identitas

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 27 Januari 2017 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 27 206 1602407 movie-review-lion-perjalanan-penuh-makna-mencari-identitas-CSIU6XH8Sl.jpg LION (Foto: Ist)

JAKARTA – Percakapan dan keseruan antara Guddu (Abhishek Bharate) dan Saroo (Sunny Pawar) menjadi adegan pembuka film Lion. Guddu adalah kakak kandung dari Saroo, keduanya berasal dari sebuah keluarga miskin di India. Mereka bahkan mencuri sedikit batu bara dari kereta untuk kemudian dijual agar mendapatkan uang. Ibu mereka pun hanya bekerja sebagai seorang pengangkat batu di pemukiman kumuh tempat mereka besar.

Meski hanya menjadi orang miskin, Guddu dan Saroo tak pernah merasa bersedih. Mereka selalu menjalani harinya dengan menyenangkan. Keduanya terlihat sangat dekat, tak terpisahkan, saling menyayangi satu sama lain.

Akhirnya, tiba saat di mana Saroo ingin ikut Guddu untuk bekerja di malam hari. Dengan segala cara, ia berhasil meyakinkan Guddu agar bisa membawanya. Ini adalah titik di mana sebuah perjalanan mengagumkan dari seorang anak kecil berusia 5 tahun dimulai.

Saroo kecil terpisah dari Guddu, ia masuk ke dalam sebuah kereta yang justru membawanya 1600 kilometer dari kota asalnya. Ia pun tiba di Bengali, sebuah tempat yang bahasanya sendiri ia tak mengerti. Saroo kecil berhasil membawa emosi para penonton ke dalam sebuah kesedihan mendalam ketika dirinya merasa kelaparan, kehilangan keluarganya, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan pada saat itu.

Singkat cerita, Saroo pun masuk ke dalam sebuah rumah yatim piatu. Sebuah keluarga dari Tasmania akhirnya mau mengadopsi dirinya. Mereka adalah John Brierley (David Wenham) dan Sue Brierley (Nicole Kidman).

Saroo (Dev Patel) pun tumbuh menjadi seorang pemuda Aussie yang memiliki krisis identitas. Hal itu mulai dirasakan olehnya saat memasuki bangku perkuliahan. Sebuah kejadian kecil berhasil membawanya kembali pada masa lalunya, ia adalah seorang anak hilang yang masih mencari Guddu dan ibunya.

Lion merupakan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah kisah nyata. Film ini memiliki keistimewaan dari berbagai aspek. Tak hanya jalan cerita dan dramanya saja yang kuat, gambar visual yang ditampilkan pun terasa begitu hangat.

Kita diperlihatkan mulai dari sudut-sudut kumuh di pinggiran Khandwa, India, sampai pemandangan alam yang sangat indah di Tasmania, Australia. Kualitas akting para pemainnya pun cukup menyita perhatian. Sebut saja Sunny Pawar yang berperan sebagai Saroo kecil. Ia berhasil memerankannya dengan sangat baik.

Ia berhasil memberikan tatapan kosong penuh pertanyaan saat tersesat di sebuah tempat yang ia tak pernah bayangkan sebelumnya. Ia berlari dengan penuh ketakutan, berharap dapat segera bertemu dengan Guddu. Belum lagi kualitas akting Nicole Kidman yang mengantarnya mendapatkan satu nominasi pada gelaran Oscars tahun ini. Selain itu, Lion sendiri menjadi salah satu nomine dalam kategori Best Picture atau Film Terbaik Oscars 2017.

Lion bukan hanya sekadar film drama yang akan memberikan kepuasan kepada para moviegoers. Lebih dari itu, Lion adalah sebuah perjalanan emosi yang begitu mendalam bagi seorang Saroo Brierley dan sang sutradara Garth Davis berhasil membawa penonton merasakan apa yang pernah dirasakan oleh Saroo selama 25 tahun mencari keluarganya.

Okezone memberikan nilai 8 untuk film ini. Sayangnya, film ini masih belum memiliki jadwal pasti kapan akan tayang di Indonesia.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini