TOP MUSIC: #9 Gara-Gara Musik Digital, Musikimia Makin Dekat dengan Fans

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Minggu 03 April 2016 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 03 205 1352681 top-music-9-gara-gara-musik-digital-musikimia-makin-dekat-dengan-fans-maRU2nmZ8o.jpg Musikimia (Foto: Yoga/Okezone)

JAKARTA - Musikimia menyuarakan pendapat mereka tentang perkembangan musik digital yang saat ini telah merambah ke industri musik Tanah Air. Sang vokalis, Fadly, yang mewakili rekan-rekannya, menuturkan bahwa industri musik digital ini menjadi salah satu penyebab maraknya angka pembajakan di industri musik secara global.

Namun di sisi lain, sistem digital ini dinilai dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku industri musik untuk membangun sebuah ikatan dengan para fans. Koneksi antara idola dan fans menjadi sangat dekat.

"Selalu ada dua sisi. Pembajakan makin marak, tapi kesempatan untuk membentuk komunitas, membangun bounding (ikatan) dengan fans jauh lebih mudah," papar Fadly ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.

Selain itu, Fadly juga menambahkan, pergeseran era dari jalur konvensional dengan pita kaset maupun piringan CD menuju ke era musik digital ini memberikan kesempatan bagi para musisi untuk dapat membangun industri mereka sendiri.

"Ini kesempatan sih. Karena kita enggak bisa pakai jalur konvensional lagi, yang harus ngirim demo ke label, yang nanti kalau enggak tembus kita enggak bisa ngapa-ngapain lagi gitu. Jadi para musisi ini benar-benar bikin industri mereka sendiri," tutup Fadly.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini