Share

Penyelenggara Oscar Rombak Dewan Juri

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2016 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 16 33 1337511 penyelenggara-oscar-rombak-dewan-juri-VJvUq4lJ2I.jpg Piala Oscar. (Foto: Indiewire)

LOS ANGELES – Pihak penyelenggara Oscar akhirnya menepati janjinya untuk memilih para anggota dewan juri dengan latar belakang yang lebih beragam. Hal ini dilakukan menyusul kritik terhadap dominasi aktor kulit putih di ajang Oscar Februari lalu.

Pada Selasa (15/3/2016) malam waktu setempat, Academy of Motion Picture Arts & Sciences (AMPAS) mengumumkan tiga dewan baru dan enam anggota dewan komite untuk memberikan pengawasan khusus terhadap Oscars. Cheryl Boone Isascs selaku Presiden AMPAS mengumumkan Reginald Hudlin, Gregory Nava, dan Jennifer Yuh Nelson menjadi tiga anggota dewan baru.

“Saya bangga dengan langkah yang telah kami ambil untuk meningkatkan keragaman,” ujar Cheryl dalam pernyataannya, seperti dilansir oleh EW. “Meskipun demikian, kami tahu masih ada banyak yang harus dilakukan ke depannya untuk membuat Academy menjadi organisasi yang lebih inklusif,” sambungnya

Pihak AMPAS juga menegaskan kembali keputusannya untuk memastikan para juri Academy lebih aktif dalam industri perfilman. Pedoman Academy menyatakan bahwa juri aktif harus telah bekerja dalam industri perfilman setidaknya 10 tahun; bekerja setidaknya tiga kali dalam periode 10 tahun; atau telah memenangkan atau masuk dalam nominasi Oscar.

Namun, beberapa anggota Academy lama, yang telah dijanjikan hak suara seumur hidup saat mereka bergabung, merasa dirugikan dengan peraturan baru ini. Mereka mengklaim bahwa organisasi menghukum mereka karena umur, terlepas dari seberapa besar komitmen yang mereka berikan bagi Academy.

(cin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini