Share

Dua Alasan Leonardo DiCaprio Tak Layak Dapat Oscar

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2016 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 03 206 1326490 dua-alasan-leonardo-dicaprio-tak-layak-dapat-oscar-LxnCkWmMYG.png Leonardo DiCaprio (Foto: Nofilmschool)

LOS ANGELES – Akhirnya Leonardo DiCaprio berhasil membawa pulang Piala Oscar pertama atas perannya di film The Revenant. Sepanjang kariernya di dunia perfilman, dirinya telah enam kali masuk sebagai nominasi tanpa pernah memenangkan satu pun Oscar.

Beberapa orang mengatakan bahwa Leo memang pantas mendapatkan Oscar tahun ini, namun tak beberapa lainnya menganggap bahwa gelar tersebut tidak layak diberikan kepada Leo. Berikut adalah dua alasan mengapa Leo tak layak mendapatkan Piala Oscar yang dikutip dari News:

1. Dia bekerja keras dalam pembuatan film The Revenant
Proses pembuatan film The Revenant banyak menceritakan tentang kegigihan seorang Leonardo ketika sedang berada di lokasi syuting. Mereka mengambil gambar di suhu beku yang sangat dingin, Leo berdiri di tengah danau yang hampir membeku, Leo memakan hati Bison mentah.

Lantas mengapa?
Oscar seharusnya diberikan berdasarkan penampilan seorang aktor dalam layar lebar, bukan cerita-cerita di lokasi syuting seperti demikian yang mengangkatnya. Karakter yang diperankan oleh Leo, Hugh Glass, tampak kurang diberikan latar belakang yang kuat dan melakukan balas dendam yang tidak jelas. Memang, karakter Tom Hardy membunuh anak Hugh Glass dan meninggalkannya saat terluka di hutan yang di atas kertas terdengar seperti sesuatu yang sangat memotivasi untuk melakukan balas dendam namun tidak ditampilkan dengan baik dalam layar.

Leo tidak memiliki chemistry yang kuat dengan aktor yang berperan sebagai anaknya. Jadi, Anda tidak akan percaya bahwa mereka terikat oleh sebuah hubungan emosional. Terakhir, apakah kalian akan menyalahkan karakter Tom Hardy yang ingin meninggalkannya ketika sedang dalam kondisi seperti demikian?
Leo bukanlah satu-satunya pilihan untuk mendapatkan gelar dalam kategori Aktor Terbaik. Michael Fassbender memberikan kinerja yang lebih bernuansa ketika harus berperan sebagai Steve Jobs. Eddie Redmayne dan Matt Damon juga patut dipertimbangkan untuk mendapat gelar tesebut.

2. Berulang kali masuk nominasi
Dengan tahun ini, secara keseluruhan Leo pernah menerima nominasi sebanyak enam kali – lima kali untuk akting, satu kali untuk produser. Wolf of Wall Street, Blood Diamond, The Aviator dan What’s Eating Gilbert Grape adalah film-film yang mengantarnya masuk menjadi nominasi. Leo seharusnya mendapat Oscar saat dia bermain di film Gilbert Grape dan mengalahkan Tommy Lee Jones.

Leo sering kali tampil dengan akting yang berlebihan. Ada satu mimik muka yang selalu ia tampilkan dalam setiap film yang ia mainkan. Tampaknya banyak pula meme yang pernah dibuat dari foto tersebut.

Puncak akting berlebihan Leo terjadi pada Wolf of Wall Street. Banyak orang mengatakan bahwa mereka sedang menonton Leo daripada perannya sebagai Jordan Belfort.

Ada sebuah daftar panjang tiada akhir yang berisikan nama-nama aktor yang tidak pernah mendapatkan Oscar, atau justru mendapatkannya di usia senja. Paul Newman meraih Oscar pertamanya ketika dirinya berusia 62 tahun.

Alfred Hitchcock tidak pernah memenangkan Oscar sama sekali padahal keseluruhan kariernya adalah mahakarya. Peter O’Toole dinominasikan sebanyak delapan kali dan hanya mendapatkan penghargaan kehormatan. Namun, Leonardo DiCaprio, di usianya yang masih 41 tahun dikatakan “terlambat” mendapatkan Oscar.(edi)

(pad)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini