Tiga Musisi Indonesia Ini Pernah Rekaman di Luar Negeri

Elang Riki Yanuar, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2015 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 15 205 1196667 tiga-musisi-indonesia-ini-pernah-rekaman-di-luar-negeri-w0gB88BARS.jpg J-Rocks - Gita - Gigi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Siapa bilang musisi Indonesia hanya "jago kandang". Banyak juga musisi Indonesia pernah melakukan rekaman di luar negeri.

Tak sekadar rekaman di studio biasa, mereka bahkan ada yang merekam lagunya di studio di mana The Beatles melakukan hal serupa. Ini dia tiga musisi Indonesia yang pernah rekaman di luar negeri:

Band GIGI

Band GIGI pernah rekaman di Abbey Road, Inggris, tempat band legendaris dunia The Beatles menjalani rekaman. mereka merekam untuk album terbaru mereka, "Tak Lagi Percaya". Namun, Armand Maulana enggan bandnya disebut go international.

"Jangan diberitain kita go international ya. Kita cuma rekaman. tagline GIGI go international," kata Armand merendah.

J-Rocks

Sebelum GIGI, J-Rocks juga pernah melakukan hal sama dan di tempat yang sama pula. Momen itu tentu menjadi bersejarah bagi mereka karena band seperti The Beatles, Green Day, U2, Red Hot Chilli Peppers, Muse, pernah menginjakkan kaki untuk rekaman di sana.

J-Rocks melakukan proses rekaman untuk lagu-lagu barunya kala itu. Untuk mengenang momen kesuksesan mereka, J-Rocks pun membuat lagu Meraih Mimpi.

"Kita bangga banget jadi band Indonesia pertama yang bisa rekaman di Abbey Road," kata sang vokalis, Iman.

Gita Gutawa

Pada tahun 2014, Gita Gutawa menjalani rekaman bersama London Symphony Orchestra. Orkestra ini memang pernah bekerjasama dengan ayah Gita, Erwin Gutawa. Kebetulan, Gita juga kuliah di Inggris.

Gita Gutawa pun sempat grogi merekam album barunya di AIR Studio London yang dimiliki oleh produser legendaris Beatles, Sir George Martin. Tak hanya Inggris, dia juga merekam lagunya di negara lain.

"Di Inggris aku rekaman di studionya George Martin. Kalau di Praha aku rekaman orkestra. Kalau di Sydney itu untuk mastering. Kebetulan setiap albumku masteringnya di situ," tuturnya kala itu.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini