Share

Cerita Ria Irawan Idap Kanker Getah Bening Stadium 3

Alan Pamungkas, Jurnalis · Kamis 13 November 2014 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 13 33 1065092 cerita-ria-irawan-idap-kanker-getah-bening-stadium-3-FjbY0xvIIZ.jpg Cerita Ria Irawan idap kanker getah bening stadium 3 (Foto: Alan)

JAKARTA - Lama tidak terdengar kabarnya, Ria Irawan ternyata mengidap kanker getah bening. Bahkan,kanker yang dideritanya sudah stadium tiga.

Ria Irawan tetap ceria meski mengidap kanker yang berbahaya. Saat ini, aktris kawakan itu sudah memasuki stadium tiga kanker getah bening. Ria tak menyangka akan mengidap kanker tersebut. Sebab, sejak awal dia telah melakukan pengangkatan bibit-bibit kanker.

Ria bercerita bagaimana proses awal dirinya mengidap kanker. Pada tahun 2009, bintang Romantini ini hanya mengidap penyakit rahim. Untuk mencegah kanker serviks dan penyakit lainnya, berobat melalui herbal dan alternatif. Mentalnya pun sempat syok, meski dirinya tak merasa takut.

"Awalnya hanya penyakit rahim biasa seperti penebalan dinding rahim, dan miom. Tapi itu disimpan dulu karena saat itu gak bisa terima kenyataan, dan enggak berani pakai medis," kata Ria di temui di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (13/11/2014).

Dengan segala pertimbangan, putri aktris kondang Ade Irawan memutuskan mengangkat rahimnya meski tahu sangat berisiko. Tidak hanya pengangkatan rahim, dia ikut mengangkat indung telur.

"Tapi pas diangkat ternyata sudah sampai ke indung telur, akhirnya dari rencana empat jam operasi jadi enam jam karena langsung ambil indung telur," jelasnya.

Setelah melakukan serangkaian proses penyembuhan, Ria berpikir bisa bernafas lega dan bisa kembali menjalani kehidupan seperti sedia kala. Seminggu setelah melakukan operasi, keluarga Ria pun sangat penasaran dari hasil operasi itu.

Namun, ternyata dia kembali dikagetkan dengan hasil yang berbeda. Dirinya sempat sesak ketika mengetahui, penyakitnya telah menjalar dan menyerang getah bening.

"Pas 16 Oktober datang lagi, belum juga pantatnya sampai di kursi dokter. Eh sudah dikasih tahu kalau positif kanker kelenjar getah bening. Dan sudah nyebar kankernya," ungkapnya sambil tertawa kepada awak media

Tidak ada kesedihan yang dirasakan meski positif mengidap kanker getah bening. Dia hanya berusaha untuk tetap berjuang demi kesehatannya. Kini, Aktris Terbaik Festival Film Asia Pasifik 2003 itu menjalani kemoterapi untuk kesembuhannya. Ria pun optimis bisa melewati masa sulit ini.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini