nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miing Tolak Bioskop Korea Masuk Indonesia

Egie Gusman, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2012 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 08 31 206 683538 UpwO4eXVIE.jpg Miing (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA- Komedian yang kini menjad anggota DPR Miing, menolak rencana bioskop asing hadir di Indonesia. Pendiri grup lawak Bagito itu meminta pemerintah tidak memperbolehkan bioskop asing masuk ke Indonesia.

Seperti diberitakan, perusahaan dari Korea Selatan, Cheil Jedang CGV dan Lotte Mart, berniat untuk membuka bioskop di Indonesia. Namun, mereka masih terkendala aturan Daftar Investasi Negatif (DNI). CJ CGV dan Lotte Cinema merupakan dua raksasa dunia hiburan asal Korea yang berniat menjadikan Indonesia sebagai pasar bagi produk budaya Korea setelah berhasil membangun bioskop di Vietnam.

Pria bernama asli Deddy Gumelar itu yakin, kehadiran bioskop asing akan makin menyisihkan film-film nasional. Ditambah lagi, bioskop asing bisa menjadi media propaganda negara asing.

"Mau CJ, Lotte Cinema, atau siapa pun, sejauh berpotensi merusak perkembangan kebudayaan Indonesia saya menolak dengan keras," tegasnya kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Anggota Komisi X DPR ini menambahkan, sering mengingatkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk waspada terhadap investasi asing yang berpotensi merusak budaya Indonesia. Miing pun mengajak sineas Indonesia untuk meningkatkan film yang lebih bermutu.

"Yang akan hancur bukan hanya karakter budaya bangsa, melainkan para pelaku industri film nasional. Sekarang saja, dengan serbuan K-pop, banyak gaya rambut remaja-remaja kita yang meniru artis-artis Korea. Apalagi jika film Korea punya bioskop sendiri di Indonesia," tandasnya.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini