Keluarga Franky Tolak Transfusi Darah

Johan Sompotan, Jurnalis · Sabtu 23 April 2011 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 23 33 449138 ECSsfNpyAg.jpg Franky Sahilatua (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

DALAM upaya mengobati kanker sumsum tulang belakang yang diderita musisi ternama Franky Sahilatua, pihak medis telah menawarkan langkah transfusi darah. Namun, pihak keluarga menolaknya.

Penyakit kanker sumsum tulang belakang memang tergolong ganas, karena berdampak menghambat proses produksi darah merah dalam tubuh. Karena itu, upaya transfusi darah menjadi opsi terakhir yang seyogianya dilakukan.

"Kita memang enggak bisa pakai transfusi karena keyakinan kami. Enggak bisa karena darah tersebut adalah darah orang lain yang dimasukkan ke tubuh kita," kata Jane Limbong, adik kandung Franky Sahilatua saat ditemui di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Jumat (22/4/2011)

Jane menegaskan pihaknya akan menerima transfusi darah untuk Franky asalkan darah tersebut berasal dari darah daging keluarga pemilik nama lengkap Franky Hubert Sahilatua.

"Lain kalau darah keluarga sendiri diputar, tapi kalau darah orang kan ada hukumnya. Di hukum taurat kan ada, tahu kan kalian jadinya ya enggak bisa masukkan darah ke dalam tubuh, jadi tranfusi kita enggak bisa," paparnya

Tak hanya karena alasan kepercayaan, pihak keluarga juga merasa khawatir jika transfusi akan semakin memicu banyaknya penyakit yang masuk dalam tubuh Franky.

"Banyak cairan pengganti darah yang bisa dipakai untuk itu. Di Amerika juga banyak kalau ada hepatitis atau AIDS malah bisa menular, kan enggak mungkin satu-satu mereka periksa darah dicek," tutupnya

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini