"Akting Berkelahi Bukan Pelanggaran Hukum"

Elang Riki Yanuar | Senin, 8 Agustus 2011 - 07:23 wib
Risa Amrikasari (Foto: ist)

Risa Amrikasari (Foto: ist)

JAKARTA- Tuntutan enam bulan penjara kepada Julia Perez (Jupe) karena adegan perkelahian dengan Dewi Persik (Depe)  dianggap hal yang tidak wajar.

"Perkelahian yang merupakan akting itu bukan suatu pelanggaran hukum," tegas ahli ilmu hukum, Risa Amrikasari saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (7/8/2011) malam.

Menurut Risa, putusan yang akan nanti dibuat hakim harus melihat perkelahian Jupe dan Depe sebagai suatu karya seni dan tidal dilihat sebagai hal yang melanggar hukum.

"Tetapi kalau dilihat dari sudut pandang semangat menghukum orang, di peristiwa yang sama, bisa diputarbalik menjadi pelanggaran hukum. Kalau semangatnya semangat menghukum, maka bisa jadi arah putusan pengadilan jadi menghukum Jupe. Kalau dilihat dari semangat suatu karya seni, ya memang terjadi perkelahian untuk kebutuhan film, tetapi itu bukan pelanggaran hukum," papar penulis buku 'Good Lawyer' ini.

Wanita yang menjadi konsultan HAKI ini khawatir, jika Jupe sampai dipenjara bisa menjadi tren buruk bagi dunia akting. Pasalnya, orang akan takut jika harus melakoni adegan perkelahian.

"Kalau tidak mau lecet, kenapa tidak memakai stuntwoman untuk adegan perkelahian itu. Kalau keputusan hakim nanti malah menjebloskan Jupe ke penjara, bisa bahaya bagi masyarakat. Karena masyarakat akan takut berakting film action," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kasus perkelahian antara Jupe dan Dewi Persik bermula dari syuting film Arwah Goyang Karawang di sebuah hotel di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Jumat, 5 November 2010 malam. Awalnya, dua artis sensasional ini hanya melakukan adegan perkelahian.

Perkelahian yang semula akting berujung pada perkelahian sungguhan. Akibat perkelahian itu, Depe mengalami luka diwajahnya akibat cakaran. Perkelahian itu akhirnya berujung pada laporan keduanya di kepolisian. Depe melaporkan Jupe ke Polsek Matraman. Sedangkan Jupe melaporkan Depe ke Polda Metro Jaya.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jupe dinyatakan bersalah melakukan penganiayaan dan melanggar pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan ringan dan dituntut enam bulan penjara. (rik)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    Belum Dikaruniai Anak, Olivia Jensen Tak Ambil Pusing Belum Dikaruniai Anak, Olivia Jensen Tak Ambil Pusing
    Belum Dikaruniai Anak, Olivia Jensen Tak Ambil Pusing

    Belum mendapatkan buah hati, pemain film Bukan Cinta Biasa ini mengaku santai dan menikmati rumah tangganya

  • Hot Gossip
    Haru Jenny Rachman saat Temui Para Korban Banjir Garut Haru Jenny Rachman saat Temui Para Korban Banjir Garut
    Haru Jenny Rachman saat Temui Para Korban Banjir Garut

    Rasa haru dan prihatin Jenny Rachman akhirnya 'pecah' saat mengunjungi langsung para korban bencana banjir bandang yang melanda kota Garut

  • Hot Gossip
    FOTO: Truk Makanan Yeo Jin Goo untuk Park Bo Gum FOTO: Truk Makanan Yeo Jin Goo untuk Park Bo Gum
    FOTO: Truk Makanan Yeo Jin Goo untuk Park Bo Gum

    Kedekatan aktor Yeo Jin Goo dan Park Bo Gum semenjak bermain bersama dalam drama The Moon Embracing the Sun

  • Hot Gossip
    Indro 'Warkop' Akui Jarang Berolahraga Indro 'Warkop' Akui Jarang Berolahraga
    Indro 'Warkop' Akui Jarang Berolahraga

    Jarangnya Indro berolahraga, ternyata membuat istri serta anak-anaknya sering kali protes.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #10: Ayahnya Nikah Lagi, Verrell Bramasta Pilih Pindah Rumah TOP GOSSIP #10: Ayahnya Nikah Lagi, Verrell Bramasta Pilih Pindah Rumah
    TOP GOSSIP #10: Ayahnya Nikah Lagi, Verrell Bramasta Pilih Pindah Rumah

    Pesinetron Verrell Bramasta membantah jika kepindahannya dari rumah  terkait dengan pernikahan sang ayah yang berlangsung hari Minggu lalu.

  • Hot Gossip
    Ciri-Ciri 'Manusia Super' ala Hotman Paris Ciri-Ciri 'Manusia Super' ala Hotman Paris
    Ciri-Ciri 'Manusia Super' ala Hotman Paris

    Hotman Paris memberikan gambaran tentang perbedaan antara sikap manusia super dengan manusia biasa versi dirinya.

  • Hot Gossip
    Cara Celine Evangelista Jaga Hubungan Asmara Bersama Stefan William Cara Celine Evangelista Jaga Hubungan Asmara Bersama Stefan William
    Cara Celine Evangelista Jaga Hubungan Asmara Bersama Stefan William

    Celine Evangelista memiliki tips agar hubungannya bersama Stefan William tetap langgeng.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #9: Amri Tuasikal Menyusul Cita Citata Liburan ke Maldives TOP GOSSIP #9: Amri Tuasikal Menyusul Cita Citata Liburan ke Maldives
    TOP GOSSIP #9: Amri Tuasikal Menyusul Cita Citata Liburan ke Maldives

     Di instagram, Cita mengunggah sebuah foto yang menampilkan bayangan pria sedang menggandeng tangan wanita di sebuah jembatan. Diduga Amri.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #7: Merasa Jadi Korban Marshanda, Egi John Niat Masuk Pesantren TOP GOSSIP #7: Merasa Jadi Korban Marshanda, Egi John Niat Masuk Pesantren
    TOP GOSSIP #7: Merasa Jadi Korban Marshanda, Egi John Niat Masuk Pesantren

    ibunda Egi John mengabarkan Egi akan masuk pesantren untuk menenangkan diri dari kekacauan yang dialami selama berhubungan dengan Marshanda.

More Stories
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload