Share

"Akting Berkelahi Bukan Pelanggaran Hukum"

Elang Riki Yanuar | Senin, 8 Agustus 2011 - 07:23 wib
Risa Amrikasari (Foto: ist)

Risa Amrikasari (Foto: ist)

JAKARTA- Tuntutan enam bulan penjara kepada Julia Perez (Jupe) karena adegan perkelahian dengan Dewi Persik (Depe)  dianggap hal yang tidak wajar.

"Perkelahian yang merupakan akting itu bukan suatu pelanggaran hukum," tegas ahli ilmu hukum, Risa Amrikasari saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (7/8/2011) malam.

Menurut Risa, putusan yang akan nanti dibuat hakim harus melihat perkelahian Jupe dan Depe sebagai suatu karya seni dan tidal dilihat sebagai hal yang melanggar hukum.

"Tetapi kalau dilihat dari sudut pandang semangat menghukum orang, di peristiwa yang sama, bisa diputarbalik menjadi pelanggaran hukum. Kalau semangatnya semangat menghukum, maka bisa jadi arah putusan pengadilan jadi menghukum Jupe. Kalau dilihat dari semangat suatu karya seni, ya memang terjadi perkelahian untuk kebutuhan film, tetapi itu bukan pelanggaran hukum," papar penulis buku 'Good Lawyer' ini.

Wanita yang menjadi konsultan HAKI ini khawatir, jika Jupe sampai dipenjara bisa menjadi tren buruk bagi dunia akting. Pasalnya, orang akan takut jika harus melakoni adegan perkelahian.

"Kalau tidak mau lecet, kenapa tidak memakai stuntwoman untuk adegan perkelahian itu. Kalau keputusan hakim nanti malah menjebloskan Jupe ke penjara, bisa bahaya bagi masyarakat. Karena masyarakat akan takut berakting film action," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kasus perkelahian antara Jupe dan Dewi Persik bermula dari syuting film Arwah Goyang Karawang di sebuah hotel di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Jumat, 5 November 2010 malam. Awalnya, dua artis sensasional ini hanya melakukan adegan perkelahian.

Perkelahian yang semula akting berujung pada perkelahian sungguhan. Akibat perkelahian itu, Depe mengalami luka diwajahnya akibat cakaran. Perkelahian itu akhirnya berujung pada laporan keduanya di kepolisian. Depe melaporkan Jupe ke Polsek Matraman. Sedangkan Jupe melaporkan Depe ke Polda Metro Jaya.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jupe dinyatakan bersalah melakukan penganiayaan dan melanggar pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan ringan dan dituntut enam bulan penjara. (rik)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    Moreno Soeprapto Nikahi Noorani Sukardi dengan Mas Kawin Logam Mulia 45 Gram Moreno Soeprapto Nikahi Noorani Sukardi dengan Mas Kawin Logam Mulia 45 Gram
    Moreno Soeprapto Nikahi Noorani Sukardi dengan Mas Kawin Logam Mulia 45 Gram

    Moreno bersyukur karena pernikahan yang diidamkan selama ini berjalan dengan lancar.

  • Hot Gossip
    4 Tersangka Pembocor Game of Thrones Mulai Diperiksa 4 Tersangka Pembocor Game of Thrones Mulai Diperiksa
    4 Tersangka Pembocor Game of Thrones Mulai Diperiksa

    Polisi India menahan empat orang yang dicurigai telah membocorkan sebuah episode serial "Game of Thrones" yang belum tayang

  • Hot Gossip
    Tak Sampai Setahun Pacaran, Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung Resmi Putus Tak Sampai Setahun Pacaran, Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung Resmi Putus
    Tak Sampai Setahun Pacaran, Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung Resmi Putus

    Meski membenarkan kabar putus dua artis mudanya: Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung, namun YG Entertainment tak merilis kapan itu terjadi.

  • Hot Gossip
    Ultah Bareng HUT RI, Cinta Laura Gorgeous Maksimal Ultah Bareng HUT RI, Cinta Laura Gorgeous Maksimal
    Ultah Bareng HUT RI, Cinta Laura Gorgeous Maksimal

    Cinta Laura baru kemarin merayakan ulang tahun ke-24. Ulang tahunnya tersebut bersamaan dengan Hari Kemerdekaan RI. Sebagai sahabatnya, Bubah Alfian pun tidak lupa memberikan ucapan selamat kepadanya.

  • Hot Gossip
    Tora Sudiro dan Marcella Zalianty Jadi Pengiring Pengantin di Pernikahan Moreno Soeprapto Tora Sudiro dan Marcella Zalianty Jadi Pengiring Pengantin di Pernikahan Moreno Soeprapto
    Tora Sudiro dan Marcella Zalianty Jadi Pengiring Pengantin di Pernikahan Moreno Soeprapto

    Dalam iringan keluarga pengantin Moreno Soeprapto, terlihat Tora Sudiro dan Marcella Zalianty ikut menemani karena bagian dari keluarga.

  • Hot Gossip
    Tak Berkomunikasi dengan Sahabat dan Keluarga, Justin Bieber Alami Depresi? Tak Berkomunikasi dengan Sahabat dan Keluarga, Justin Bieber Alami Depresi?
    Tak Berkomunikasi dengan Sahabat dan Keluarga, Justin Bieber Alami Depresi?

    Justin Bieber kini dikabarkan membuat sahabat dan keluarga khawatir karena tak berkomunikasi sama sekali dan ia dianggap mengalami depresi.

  • Hot Gossip
    Payudara Taeyeon 'SNSD' Disentuh, SM Entertainment Buka Suara Payudara Taeyeon 'SNSD' Disentuh, SM Entertainment Buka Suara
    Payudara Taeyeon 'SNSD' Disentuh, SM Entertainment Buka Suara

    Tragedi tak menyenangkan yang dialami oleh Taeyeon di bandara Soekarno Hatta, Jakarta, sampai ke telinga SM Entertainment.

  • Hot Gossip
    Romantis, Titi Kamal Puji Christian Sugiono Tetap Ganteng meski Bangun Tidur Romantis, Titi Kamal Puji Christian Sugiono Tetap Ganteng meski Bangun Tidur
    Romantis, Titi Kamal Puji Christian Sugiono Tetap Ganteng meski Bangun Tidur

    Aktris cantik Titi Kamal mengaku beruntung mendapat suami seperti Christian Sugiono. Banyak kelebihan yang dimilikinya, termasuk tetap ganteng meski bangun tidur.

  • Hot Gossip
    VIDEO: Harus "Pisah", Ustadz Riza Jalani Ibadah Haji Tanpa Istri VIDEO: Harus "Pisah", Ustadz Riza Jalani Ibadah Haji Tanpa Istri
    VIDEO: Harus "Pisah", Ustadz Riza Jalani Ibadah Haji Tanpa Istri

    Ustadz Riza memilih memanfaatkan rezeki dan kesempatan lebihnya untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload