"Akting Berkelahi Bukan Pelanggaran Hukum"

Elang Riki Yanuar | Senin, 8 Agustus 2011 - 07:23 wib
Risa Amrikasari (Foto: ist)

Risa Amrikasari (Foto: ist)

JAKARTA- Tuntutan enam bulan penjara kepada Julia Perez (Jupe) karena adegan perkelahian dengan Dewi Persik (Depe)  dianggap hal yang tidak wajar.

"Perkelahian yang merupakan akting itu bukan suatu pelanggaran hukum," tegas ahli ilmu hukum, Risa Amrikasari saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (7/8/2011) malam.

Menurut Risa, putusan yang akan nanti dibuat hakim harus melihat perkelahian Jupe dan Depe sebagai suatu karya seni dan tidal dilihat sebagai hal yang melanggar hukum.

"Tetapi kalau dilihat dari sudut pandang semangat menghukum orang, di peristiwa yang sama, bisa diputarbalik menjadi pelanggaran hukum. Kalau semangatnya semangat menghukum, maka bisa jadi arah putusan pengadilan jadi menghukum Jupe. Kalau dilihat dari semangat suatu karya seni, ya memang terjadi perkelahian untuk kebutuhan film, tetapi itu bukan pelanggaran hukum," papar penulis buku 'Good Lawyer' ini.

Wanita yang menjadi konsultan HAKI ini khawatir, jika Jupe sampai dipenjara bisa menjadi tren buruk bagi dunia akting. Pasalnya, orang akan takut jika harus melakoni adegan perkelahian.

"Kalau tidak mau lecet, kenapa tidak memakai stuntwoman untuk adegan perkelahian itu. Kalau keputusan hakim nanti malah menjebloskan Jupe ke penjara, bisa bahaya bagi masyarakat. Karena masyarakat akan takut berakting film action," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kasus perkelahian antara Jupe dan Dewi Persik bermula dari syuting film Arwah Goyang Karawang di sebuah hotel di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Jumat, 5 November 2010 malam. Awalnya, dua artis sensasional ini hanya melakukan adegan perkelahian.

Perkelahian yang semula akting berujung pada perkelahian sungguhan. Akibat perkelahian itu, Depe mengalami luka diwajahnya akibat cakaran. Perkelahian itu akhirnya berujung pada laporan keduanya di kepolisian. Depe melaporkan Jupe ke Polsek Matraman. Sedangkan Jupe melaporkan Depe ke Polda Metro Jaya.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jupe dinyatakan bersalah melakukan penganiayaan dan melanggar pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan ringan dan dituntut enam bulan penjara. (rik)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    Ini Klarifikasi Risty Tagor soal Ingin Lepas Hijab Ini Klarifikasi Risty Tagor soal Ingin Lepas Hijab
    Ini Klarifikasi Risty Tagor soal Ingin Lepas Hijab

    Beberapa waktu lalu, aktris Risty Tagor memang diketahui sempat terkena fitnah melalui akun sosial media Facebook.

  • Hot Gossip
    FOTO: Gara-Gara Ahmad Dhani, Instagram Maia Estiaty Ramai Sindiran FOTO: Gara-Gara Ahmad Dhani, Instagram Maia Estiaty Ramai Sindiran
    FOTO: Gara-Gara Ahmad Dhani, Instagram Maia Estiaty Ramai Sindiran

    Netizen ramai melontarkan sindiran kepada Ahmad Dhani di laman Instagram milik Maia Estianty.

  • Hot Gossip
    Keluarga Khairunnisa Tuding Isu Rujuk Ulah dari Andika Keluarga Khairunnisa Tuding Isu Rujuk Ulah dari Andika
    Keluarga Khairunnisa Tuding Isu Rujuk Ulah dari Andika

    Kabar membaiknya hubungan Andika "Kangen Band" dengan Kharunnisa sampai pada pencabutan laporan istrinya ditepis oleh pihak keluarga

  • Hot Gossip
    Alasan Peggy Melati Sukma Belum Mau Bicara soal Pernikahan Alasan Peggy Melati Sukma Belum Mau Bicara soal Pernikahan
    Alasan Peggy Melati Sukma Belum Mau Bicara soal Pernikahan

    Wanita 40 tahun ini justru memilih untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta terlebih dahulu dibanding bicara pernikahan

  • Hot Gossip
    Seohyun Isyaratkan Ingin Berhenti sebagai Personel SNSD Seohyun Isyaratkan Ingin Berhenti sebagai Personel SNSD
    Seohyun Isyaratkan Ingin Berhenti sebagai Personel SNSD

    Seohyun SNSD mengisyaratkan tidak akan terlalu lama lagi menjadi seorang anggota SNSD.

  • Hot Gossip
    Personel Girlband Ini Tiba-Tiba Menangis Dibilang Mirip Zlatan Ibrahimovic Personel Girlband Ini Tiba-Tiba Menangis Dibilang Mirip Zlatan Ibrahimovic
    Personel Girlband Ini Tiba-Tiba Menangis Dibilang Mirip Zlatan Ibrahimovic

    Personel girlband Cosmic Girls, Eunseo, tiba-tiba menangis saat seorang fans pria menyebut dirinya mirip dengan Zlatan Ibrahimovi.

  • Hot Gossip
    2 Kali Jadi Janda, Risty Tagor Akui Tetap Ada Pria yang Mendekati 2 Kali Jadi Janda, Risty Tagor Akui Tetap Ada Pria yang Mendekati
    2 Kali Jadi Janda, Risty Tagor Akui Tetap Ada Pria yang Mendekati

    Dua kali gagal menjalani rumah tangga membuat Risty Tagor untuk lebih berhati-hati menjalin hubungan dengan pria.

  • Hot Gossip
    Peggy Melati Jawab Kabar Kedekatan dengan Ustadz Bahtiar Nasir Peggy Melati Jawab Kabar Kedekatan dengan Ustadz Bahtiar Nasir
    Peggy Melati Jawab Kabar Kedekatan dengan Ustadz Bahtiar Nasir

    Aktris Peggy Melati Sukma saat ini dikabarkan tengah dekat dengan seorang Ustadz bernama Bachtiar Nasir.

  • Hot Gossip
    Ibunda Tak Siapkan Sambutan Khusus untuk Kepulangan Umrah Raffi Ahmad Ibunda Tak Siapkan Sambutan Khusus untuk Kepulangan Umrah Raffi Ahmad
    Ibunda Tak Siapkan Sambutan Khusus untuk Kepulangan Umrah Raffi Ahmad

    Kendati baru saja menyelesaikan ibadah umrah, rupanya tak akan ada penyambutan yang spesial untuk Raffi Ahmad dari ibunda.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload