Share

Profil Arie Koesmiran, Macan Panggung yang Kini Fokus di Bisnis Rekaman Keluarga

Vania Ika Aldida, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 33 2722259 profil-arie-koesmiran-macan-panggung-yang-kini-fokus-di-bisnis-rekaman-keluarga-QH6boyIpCn.jpg Arie Koesmiran (Foto: Instagram)

JAKARTA - Masih ingat dengan sosok Arie Koesmiran? Penyanyi pop senior tersebut dikenal luas oleh masyarakat di era 70-an dan tenar lewat lagunya Setulus Hatimu Semurni Cintamu.

Memiliki nama asli Arie Rihadini, penyanyi yang kini sudah berusia 64 tahun itu merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara pasangan H.M. Koesmiran dan Hj. Juwana.

Bakat bernyanyi Arie Koesmiran didapatkan langsung dari sang ibu yang merupakan seorang seniman batik sekaligus penyuka seni membaca Al-Quran. Ia bahkan menjadi yang paling terkenal dibandingkan keenam kakak-kakaknya saat mulai menjajal industri hiburan Tanah Air.

Karir Arie Koesmiran dimulai saat dirinya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Kala itu di tahun 70-an, ia berhasil menjuarai Pop Singer se-Jawa Timur selama tiga tahun berturut-turut.

Sejak saat itu, Arie Koesmiran dikontrak oleh perusahaan rekaman Mutiara Record dan merilis album pertama bertajuk Kenangan December. Karirnya kembali menanjak dan merilis album lainnya mulai dari Harapan yang Suci, Muliakanlah Tuhanmu lagu-lagu Koes Plus, hingga Suk Kapan.

Dalam satu tahun, ia berhasil menghasilkan 10-12 album. Bahkan ia juga sempat menjalani tour show ke luar negeri seperti Singapura, Filipina, Suriname, hingga Den Haag.

Di 1979, ia mulai melebarkan sayapnya ke industri perfilman dan bermain dalam film-film bertema remaja. Sebut saja, Binalnya Anak Muda, Gita Cinta Dari SMA, Arjuna Mencari Cinta, hingga Remaja Remaja.

Arie Koesmiran

Ia juga sempat mengeluarkan album disco dan dianugerahi penghargaan Silver Record dan empat penghargaan Golden Record dari perusahaan rekaman Remaco.

Di 1981, Arie memutuskan untuk menikah dengan seorang pengusaha asal Kudus bernama Saiful Annas. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai tiga orang anak laki-laki bernama Jefri Arsand, Erick Aulia Arsand, dan Ferranza Auriga Arsand.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sayangnya, setelah menikah, Arie bisa dikatakan jarang tampil di televisi. Namun, 10 tahun kemudian, ia kembali muncul di acara Tembang Kenangan dan merilis albumnya sendiri, termasuk merilis lagu yang diciptakan oleh suaminya sendiri.

Kecintaan Koesmiran terhadap musik, membuatnya bersama suami mendirikan perusahaan rekaman dengan label PT Elang Mas Ananta Istamitra. Mereka juga menjalankan bisnis produksi film animasi, pembuatan company profile dan video klip dengan mengajak anak mereka.

Beberapa lagu bahkan sempat dirilis oleh si macan panggung melalui labelnya saat ibundanya meninggal dunia serta saat kakaknya meninggal dalam insiden kecelakaan. Yakni lagu religi berjudul Ibu yang dibawakannya bersama Emha Ainun Najib dan juga Dia Telah Pergi. Yang terbaru, ia merilis album berjudul Kau Yang Kurindu pada 2014.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini