Share

8 Artis Indonesia Pernah Terseret Kasus Penistaan Agama, Banyak yang Dilaporkan Polisi

Dennira Prifta Binantari, Okezone · Jum'at 02 Desember 2022 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 33 2719300 8-artis-indonesia-pernah-terseret-kasus-penistaan-agama-banyak-yang-dilaporkan-polisi-s44mbMQFQv.jpg Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Joshua Suherman/Instagram @jojosuherman)

DERETAN artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. Agama memang merupakan hal yang sensitif untuk dibicarakan, apalagi diungkap di media sosial. Sehingga, tak sedikit artis yang pernah terjerat kasus penistaan agama saat mengungkapkan pendapatnya di media sosial.

Siapa saja mereka? Berikut ulasan Okezone seperti dikutip dari berbagai sumber.

Ge Pamungkas

Ge Pamungkas. (Okezone)

Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Ge Pamungkas/MPI)

Komika Genrifinadi Pamungkas atau kerap disapa Ge Pamungkas pernah terjerat kasus dugaan penistaan agama. Saat menampilkan stand up comedy, Ge membahas persoalan banjir yang dikaitkan dengan agama.

Di tengah pembahasannya itu dia mempertanyakan rasa cinta Allah kepada manusia. “Sesungguhnya Allah memberikan cobaan kepada yang Dia cintai. Cintai apaan?,” canda komedian sekaligus aktor 33 tahun ini. Candaan itulah yang membuatnya hingga dilaporkan ke pihak kepolisian.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Ernest Prakasa

Ernest Ppakasa. (Foto: Instagram @ernestprakarsa)

Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Ernest Ppakasa/Instagram @ernestprakarsa)

Aktor Ernest Prakasa juga pernah tersandung kasus yang sama karena cuitannya di Twitter. Diketahui, cuitannya itu menuai kontroversi karena membahas tentang seorang tokoh agama Islam yang cukup terkenal, yakni Zakir Naik.

Hal itu menyebabkan dirinya sempat diboikot, hingga komedian sekaligus sutradara film ini pun meminta maaf dan menghapus cuitannya.

Joshua Suherman

Joshua Suherman. (Instagram @jojosuherman)

Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Joshua Suherman/Instagram @jojosuherman)

Mantan penyanyi cilik, Joshua Suherman pernah terseret kasus penistaan agama saat menampillkan stand up comedy. Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Majelis Lucu Indonesia, aktor 30 tahun ini bahkan menyebut sosol politikus Anies Baswedan.

Pria yang akrab disapa Jojo itu mengatakan bahwa Anisa lebih unggul dari Cherly eks Cherrybelle lantaran beragama Islam. Candaannya itu berujung pada pelaporan ke Bareskrim Polri oleh Forum Umat Islam Bersatu.

Atta Halilintar

Atta Halilintar. (Foto: Instagram/@attahalilintar)

Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Atta Halilintar/Instagram @attahalilintar)

Pada 2019 youtuber Atta Halilintar juga pernah terseret kasus penistaan agama lantaran dianggap mempermainkan gerakan salat sebagai konten YouTube. Akhirnya, aktor 28 tahun ini dilaporkan oleh sebuah LSM bernama KPK (Komunitas Pengawas Korupsi) ke polisi.

Andre Taulany

Andre Taulany. (Instagram @andreastaulany)

Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Andre Taulany/Instagram @andreastaulany)

Komedian Andre Taulany juga pernah terlibat kasus yang sama saat melontarkan candaanya. Saat tampil di acara TV, bintang 'Lapor Pak' ini melontarkan pertanyaan, “Nabi Muhammad itu badan apa kebon?”. Pertanyaannya itu langsung membuatnya dilaporkan oleh PA 212.

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani (kanan). (MPI)

Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Ahmad Dhani/MPI)

Musisi senior Ahmad Dhani bahkan harus merasakan dinginnya penjara karena kasus penistaan agama. Ayah Al, El, dan Dul itu pernah dijatuhi hukuman penjara selama 1,5 tahun karena tiga cuitannya di Twitter dinilai telah menistakan agama dan menyebarkan ujaran kebencian.

Budi Dalton

Budi Dalton. (Instagram @artgram)

Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Budi Dalton/Instagram @artgram)

Aktor sekaligus budayawan Sunda ini juga dipolisikan karena perkataannya yang dianggap telah menyinggung Rasulullah SAW. Pasalnya, dia menyebut bahwa miras merupakan singkatan dari minuman Rasulullah.

Sule

Sule. (Instagram @ferdinan_sule)

Artis Indonesia yang pernah terseret kasus penistaan agama. (Foto: Sule. (Instagram @ferdinan_sule)

Entis Sutisna alias Sule turut terseret kasus penistaan agama yang menjerat Budi Dalton. Namanya turut dilaporkan ke Polda Metro Jaya lantaran ayah 5 anak itu menertawakan ucapan Budi Dalton yang mengatakan miras merupakan singkatan dari minuman Rasulullah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini