Share

Cerita Ucok Baba Merantau dari Medan ke Jakarta Modal Rp7 Ribu

Melati Pratiwi, MNC Portal · Jum'at 11 November 2022 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 33 2705279 cerita-ucok-baba-merantau-dari-medan-ke-jakarta-modal-rp7-ribu-SVmm7fdvF3.JPG Ucok Baba. (Foto: YouTube/Taulany TV)

JAKARTA - Menjadi artis yang sukses bukanlah hal instan bagi Ucok Baba. Sejak awal dirinya merantau ke Jakarta di usia 17 tahun, artis senior ini sudah menemui banyak rintangan.

Ucok mengaku tak membawa modal banyak saat dia memutuskan meninggalkan Medan, kampung halamannya. Ia memberanikan diri pergi ke ibukota meski tak mengantongi uang untuk kebutuhan hidupnya. 

"Waktu itu aku naik bis, duit saya hanya Rp 7 ribu dari Medan. Tiket (bis) aku enggak bayar karena aku bilang enggak punya duit" ujar Ucok Baba, dikutip dari Tonight Show, Jumat (11/11/2022).

Mulanya, pemilik nama asli Usnan Batubara ini tak mengaku pada orangtua bila dirinya hendak merantau ke Jakarta. Dia hanya izin pergi ke kabupaten agar orangtua tidak khawatir.

Namun keinginan Ucok Baba sudah bulat untuk merantau lantaran sadar tak ingin terus membuat repot orang yang dia sayangi.

"Kalau saya di kampung terus, nanti selalu merepotkan orangtua saya, enggak ada kerja yang bisa aku lakukan di sana" katanya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sesampainya di Jakarta, Ucok mengaku tak punya tujuan jelas. Dia sempat bekerja di pasar minggu sebagai pedagang kantong kresek.

Tempat untuk berteduh dan tidur pun tidak ada. Setiap malam selama 8 bulan lamanya Ucok Baba harus tidur di emperan toko.

"Enggak punya rumah, saya tidur setiap malam di emperan" kata Ucok.

Selain menjadi pedagang kantong kresek, Ucok seringkali dimintai tolong para pemilik toko untuk membelikan makanan. Uang kembalian dari makanan tersebut lantas diberikan pemilik toko pada Ucok.

Dari sana lah, Ucok Baba juga bisa meraih penghasilan tambahan. Usai uangnya sudah cukup, Ucok pindah ke sebuah kontrakan dan tak lagi tidur di emperan toko.

Namun tetap saja, kontrakan yang ditinggali Ucok sangat sederhana dan bahkan tanpa tempat tidur. "Setelah aku punya uang, aku ngontrak Rp 40.000, tidur tetap beralas koran" tuturnya.

Singkat cerita, kehidupan Ucok Baba berubah setelah bertemu dengan pihak production house. Kariernya di industri hiburan dimulai dan hingga kini sosoknya masih sangat terkenal di kalangan masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini