Share

Stand Up Comedian Ridwan Budiman Beberkan Kisahnya Sebagai Mantan Begal dan DPO Kepolisian

MNC Media, Jurnalis · Rabu 26 Oktober 2022 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 26 598 2694785 stand-up-comedian-ridwan-budiman-beberkan-kisahnya-sebagai-mantan-begal-dan-dpo-kepolisian-1p6DQOCw94.jpeg CameoProject (Foto: CameoProject)

JAKARTA - Didirikan oleh Martin Anugrah dan Andry Ganda pada tahun 2008, CameoProject adalah konten kreator YouTube yang terkemuka di industri, berfokus pada produksi konten video multi-genre, seperti komedi, kids, dan musik.

Channel CameoProject di YouTube telah menghasilkan lebih dari 1,14 juta subscribers dengan lebih dari 177 juta views. Salah satu segmen paling berkesan di channel ini yaitu ‘Cerita Tentang’, dimana seorang narasumber menceritakan kisah hidupnya yang penuh inspirasi.

Pada video dalam segmen ‘Cerita Tentang’ yang diunggah tanggal 19 Oktober 2022, seorang stand up comedian dan scriptwriter bernama Ridwan Budiman menceritakan pengalaman saat dirinya sempat menjadi tukang begal atau tukang todong.

Ridwan mengatakan bahwa sejak kecil ia sudah harus menghadapi perceraian kedua orang tuanya. Sejak SD kelas 6 hingga SMP Ridwan juga sudah harus mencari uang sendiri untuk ongkos sekolah dengan menjadi penjual koran hingga menjadi kuli panggul di pasar.

Menjadi seorang begal dimulai saat ia ikut tawuran sekolah di STM hingga berlanjut sampai lulus dengan menjadi tukang todong di jalan.

“Deket sama dunia kriminal itu dari jaman gue STM, dari jaman gue sekolah dari jaman kelas 1 STM gitu. Karena kan background gue broken home ya jadi di jalan itu siapa yang kuat siapa yang menang sih menurut gue,” ujar Ridwan.

CameoProject

Ridwan mengakui bahwa target begal dirinya adalah anak-anak muda yang tengah pacaran di jalan. Puncaknya adalah saat dirinya menjadi buronan polisi setelah melakukan penjarahan di sebuah warnet, toko perlengkapan mendaki, serta toko material. Aksinya tertangkap CCTV dan bahkan sampai masuk ke sebuah program TV.

Namun polisi ternyata malah menangkap adik dari Ridwan dan menahannya di penjara selama 3 bulan. Salah tangkap tersebut terjadi karena saat penangkapan dilakukan, Ridwan sedang tidak ada di rumah, dan apesnya adiknya tersebut memiliki wajah yang mirip dengan Ridwan.

“Feeling gue udah gak enak, sih. Pas malem kejadian gue subuh langsung cabut sama temen gue ke luar kota,” kata Ridwan.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Beruntung saat ia kembali ke rumah, sang adik memaafkan dirinya, lingkungan rumah juga tidak mengucilkan dirinya bahkan mengingatkan Ridwan untuk tidak mengulangi hal yang sama.

Momen kembalinya Ridwan ke rumah ini diisi dengan hal positif yaitu belajar stand up comedy.

“Ternyata stand up itu enak gitu. Apa yang kita alami tuh kita bisa ceritain ke orang-orang gitu dan gue pun di materi stand up gue ngebahas soal tentang kriminal gua gitu yang pesannya di mana ‘lu jangan kayak gua’ gitu. Kayak lu pengen cari duit ya lu kerja aja jangan pernah kriminal sama orang gitu,” ujar Ridwan.

Buat yang penasaran dengan kisah Ridwan Budiman, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel CameoProject, ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini