Share

Selain Korupsi Miliaran, Adik Irwansyah Juga Jadikan Rumah Kakaknya Sebagai Jaminan Bank

Selvianus, MNC Portal · Senin 24 Oktober 2022 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 24 33 2693630 selain-korupsi-miliaran-adik-irwansyah-juga-jadikan-rumah-kakaknya-sebagai-jaminan-bank-pJBVv49vrb.png Irwansyah (Foto: Instagram)

KEKECEWAAN Irwansyah terhadap adiknya, Hafiz Faturrahman, diungkapkan oleh kuasa hukumnya, Muhammad Zakir Rasyidin. Ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022), Zakir mengatakan bahwa Hafiz dan Irwansyah telah lost contact sejak 2019 lalu.

Kekecewaan Irwansyah pada adiknya bukan hanya lantaran kini Hafiz masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor lantaran kasus dugaan korupsi sebesar Rp 3,1 Miliar. Tetapi juga lantaran Hafiz telah tega menjadikan sertifikat rumah milik Irwan dan Zaskia Sungkar sebagai jaminan di bank.

"Sudah lost contact, Irwan dan Zaskia kecewa dengan Hafiz, karena ada satu unit rumah yang mereka beli, tapi sertifikatnya dipakai Hafiz untuk agunan bank," ungkap Zakir Rasyid.

"Itu membuat Zaskia dan Irwan tidak terima, karena salah satu rumahnya dipasang plang sita oleh kejaksaan. Sedangkan dia tidak melakukan itu," lanjutnya.

Zakir mengatakan bahwa Irwansyah pun kini memilih untuk menyerahkan persoalan adiknya kepada hukum dan juga Undang-Undang. Sebab, penetapan DPO memang telah tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana dalam Pasal 31 ayat (1) yang berbunyi, 'Menyatakan bahwa tersangka telah dipanggil untuk pemeriksaan dalam rangka penyidikan perkara sampai lebih dari 3 (tiga) kali dan ternyata tidak jelas'.

"Irwansyah sendiri sempat berkomunikasi dan menyampaikan pengungkapan DPO ini. Dia bilang memang tahapan hukum seperti itu," paparnya.

Adik Irwansyah

"Kalau orang dipanggil sebagai tersangka tiga kali nggak datang, dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang supaya bisa ditemukan," lanjutnya.

Saat disinggung terkait upaya Irwansyah mencari keberadaan adiknya, Zakir mengatakan bahwa kliennya tak memiliki kapasitas tersebut. Namun, aktor 37 tahun itu berharap agar Hafiz bisa segera diketahui keberadaannya lantaran sudah 2 tahun ia menghilang tanpa kabar.

"Irwan memang tidak tahu dimana adiknya, lost contact sejak terakhir bertemu lebaran tahun 2019 lalu. Irwan nggak punya kapasitas untuk mencari," bebernya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

"Karena punya kapasitas pihak penegak hukum ya, kejaksaan melakukan tracking dimana dia berada, koordinasi dengan pihak kepolisian," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Hafiz menjadi DPO lantaran mangkir dari pemeriksaan sebanyak tiga kali setelah ditetapkan sebagai tersangka pada 29 Oktober 2021 lalu. Ia diketahui dilaporkan terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi fasilitas Briguna di Bank BRI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tegar Beriman dengan kerugian negara Rp 3,1 miliar.

Tak hanya itu, kakak dari Hafiz yakni Irwansyah juga mengalami kerugian mencapai Rp 5 miliar, akibat penipuan yang dilakukan oleh Hafiz. Pasalnya, sertifikat rumah miliknya diduga digunakan oleh Hafiz sebagai jaminan di salah satu bank di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini