Share

Hindari Pembajakan, Candra Darusman: Perketat Regulasi di Era Digital

Novie Fauziah, Okezone · Jum'at 14 Oktober 2022 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 14 205 2687325 hindari-pembajakan-candra-darusman-perketat-regulasi-di-era-digital-mRxGr9uc6G.jpeg Candra Darusman (Foto: MPI)

JAKARTA - Industri musik masih ramai dengan isu maraknya pembajakan yang membuat para musisi jadi dibuat rugi. Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI), Candra Darusman menjelaskan di era teknologi seperti sekarang, regulasi mesti diperketat.

"Makannya era digital ini juga harus ditunjang dengan berbagai regulasi, lebih ketat lagi. Tapi juga pendidikan masyarakat itu harus tetap ada," katanya kepada MNC Portal saat ditemui di AMI Awards ke-25, Studio RCTI+, Jakarta Barat.

Pembajakan menurut Candra, kini mengalami perubahan bentuk. Jika dahulu sebagian orang membajak kaset atau CD musik sedangkan saat ini bentuk pembajakan saat ini adalah berupa digital.

Candra Darusman

Pelaku pembajakan mengunggah musik secara sembarangan, dan juga tanpa izin dari pemilik atau penciptanya.

"Kemudian terkadang ada yang nyerobot kepemilikan lagu, jadi pembajakan tetap ada. Tinggal kita terus meningkatkan kesadaran masyarakat. Sekaligus meningkatkan teknologi password, jadi supaya orang gak gampang download dan upload," tuturnya.

Untuk itu Candra mengajak kepada masyarakat agar lebih sadar, guna menghindari dan menikmati karya-karya musik hasil pembajakan.

Salah satu platform musik digital dengan musik dan lagu original, bisa Anda dapatkan serta dengarkan di TREBEL Music. Termasuk lagu-lagu para pemenang di Anugerah Musik Indonesia (AMI).

Hadirnya TREBEL Music membuat kita, pecinta musik di Tanah Air tidak turut mendukung praktik piracy atau pembajakan. Buat apa, mengunduh secara ilegal, bila semua tersedia di TREBEL Music secara free, dan bisa dinikmati kapan saja, dan dimana saja. Selain itu juga terdapat jutaan lagu gratis dari label-label ternama dunia yang bisa diunduh.

Lagu –lagu para pemenang AMI Awards bisa dinikmati secara gratis di aplikasi TREBEL Music. TREBEL merupakan fitur hiburan musik kekinian yang bebas biaya dan sudah hadir di Indonesia sejak 18 April 2022.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini