Share

4 Artis Senior Dulu Sukses, Namun Hidup Prihatin di Masa Tua

Fidila Anjani, Okezone · Rabu 14 September 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 33 2667340 4-artis-senior-dulu-sukses-namun-hidup-prihatin-di-masa-tua-eH9i976Xh4.jpg Tessy Srimulat. (Foto: YouTube/MAIA ALELDULTV)

DERETAN artis senior ini sempat meraih popularitas di era keemasannya. Hidup mereka berkecukupan dan menuai puja-puji penggemar. Namun di masa tua, kehidupan mereka justru bertolak belakang. Beberapa hidup prihatin dan tak mampu membiayai kehidupan mereka.

Siapa saja artis senior yang dulu sukses namun hidup prihatin di masa tuanya? Berikut ulasan Okezone dikutip dari berbagai sumber. 

1.Abdul Hamid

Abdul Hamid dikenal lewat karakter Pak Ogah yang diperankannya dalam serial Si Unyil. Karakter itu digambarkan sebagai pria berkepala plontos dengan jargon andalan ‘cepek dulu dong’ yang membuatnya populer. Namun namanya mulai tenggelam setelah era ‘90-an. 

Pak Ogah dan istri. (Foto: YouTube/Melaney Ricardo)

Lama tak terdengar, Abdul kembali menghiasi headline berbagai portal media pada Mei 2021. Sayang, bukan karena karya, namun kondisinya yang memprihatinkan akibat penyumbatan otak. Sang istri mengaku, tak bisa membawa suaminya itu ke rumah sakit karena keterbatasan biaya. 

“Enggak bisa ke rumah sakit karena tak ada uang. BPJS pun mati. Kalau bayar sendiri kan mahal. Bapak sudah tak punya penghasilan. Sekarang menunggu belas kasihan orang saja,” kata Yuyun, istri Abdul Hamid.

2.Aminah Cendrakasih

Anak ‘90-an mengenal sosok Aminah Cendrakasih sebagai Mak Nyak, ibu Rano Karno dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Namun karier sang aktris sebenarnya sudah dimulainya sejak tahun 1955, ketika dia membintangi film Oh, Ibuku arahan sutradara Ali Yugo. 

Aminah Cendrakasih. (Foto: RCTI)

Sang aktris mengecap masa jayanya sepanjang 1955-1989 dengan membintangi 101 film. Di usia 69 tahun, dia kehilangan penglihatannya akibat glaukoma. Kondisinya memburuk setelah mengalami kelumpuhan yang semakin membatasi ruang geraknya. 

Kondisi itu membuatnya harus syuting tiga film Si Doel sepanjang 2018-2020 dari tempat tidur. Aminah mengaku, tidak bisa berobat jalan karena kesulitan ekonomi. Bahkan keluarga tak mampu menyewa jasa ART untuk merawat sang aktris.

3.Kabul Basuki

Kabul Basuki alias Tessy mencapai puncak popularitasnya sebagai komedian bersama grup lawak Srimulat di era ‘80 hingga ‘90-an. Namun popularitas itu memudar ketika dia terjerat kasus narkoba di usia 67 tahun, pada Oktober 2014. 

Tessy Srimulat. (Foto: Instagram)

Saat ditangkap, dia bahkan berusaha menghilangkan nyawanya sendiri dengan menenggak cairan pembersih lantai. Beruntung dia dapat diselamatkan. Pengadilan Negeri Bekasi kemudian menjatuhkan hukuman 10 bulan penjara untuknya, pada 30 April 2015. 

Ketika keluar penjara pada Oktober 2015, Tessy sempat mengalami kesulitan ekonomi karena tidak dapat job. Sementara dia harus membayar biaya rehabilitasi sebagai pencandu narkoba. “6 bulan tanpa pekerjaan. Enggak ada proyek TV maupun film,” ujarnya dikutip dari channel YouTube Marten & Friends pada 2020.

4.Ken Ken

Bagi Anda penikmat sinetron laga Wiro Sableng di era ‘90-an, tentu mengenal Herning Sukendro alias Ken Ken, aktor pemeran Pendekar 212. Saat itu, popularitas membuatnya bergelimang harta, termasuk memiliki mobil dan hunian mewah. Namun popularitasnya meredup ketika dia terjerat kasus narkoba yang membuat kariernya hancur. 

Ken Ken. (Foto: RCTI)

Dia jatuh bangkrut dan semua harta yang dimilikinya ludes terjual. Di usia 65 tahun, Ken Ken memutuskan menyepi dan tinggal di sebuah desa di Bogor. Di sana, dia bekerja sebagai petani dan menghuni sebuah rumah yang sangat sederhana.*

BACA JUGA: 5 Artis Korea Pernah Beradegan Panas dalam Drama, Nomor 4 Berani Tampil Topless

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini