Share

Menparekraf Yakin Ambon Jadi Epicentrum Musik Mendunia

Novie Fauziah, Okezone · Senin 12 September 2022 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 205 2665899 menparekraf-yakin-ambon-jadi-epicentrum-musik-mendunia-QObgtxPAGF.jpeg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya berharap dan menginginkan Kota Ambon dapat menjadi epicentrum musik hingga ke penjuru dunia.

Sandiaga juga mengajak, agar nantinya Ambon bisa menghadirkan berbagai macam event musik berskala nasional hingga internasional. Di mana wilayah di Maluku ini sudah menjadi bagian dari Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN).

"Dengan adanya event musik yang terlibat bukan hanya musisi saja, semuanya terlibat dan berpartisipasi. Sehingga Ambon bisa menjadi magnet dan episentrum musik dunia," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya saat menghadiri Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Ambon City Center di Kota Ambon, Maluku.

Menparekraf Sandiaga Uno

Lebih lanjut, saat ini Ambon tengah dikembangkan wisata musik yang difokuskan di 10 destinasi tujuan wisata unggulan di lima kecamatan di Kota Ambon. Masing-masing wisata musik tersebut, menyuguhkan pertunjukan musik yang unik dan khas.

Pengembangan subsektor ekraf musik kedepannya juga dapat menjadi lokomotif bagi subsektor ekraf terkait lainnya seperti kuliner dan seni pertunjukan.

Potensi tersebut, kata Sandiaga, jika dikembangkan melalui inovasi serta kreativitas. Kemudian didukung oleh promosi dan pemasaran berbasis teknologi, yang dapat menjangkau lebih banyak orang.

"Ini akan sangat mendorong perekonomian daerah dan dapat membuka banyak lapangan kerja," pungkasnya.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini