Share

5 Pencipta Lagu Anak Populer: Lahir di Era Kolonial Belanda, Berjaya di Tahun '90-an

Mirsya Anandari Utami, Presma · Rabu 07 September 2022 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 33 2662946 5-pencipta-lagu-anak-populer-lahir-di-era-kolonial-belanda-berjaya-di-tahun-90-an-s3sDnW51y4.jpg Pencipta lagu anak populer. (Foto: Papa T Bob/Instagram/@papatbob_official)

TAHUN ‚Äė90-an menjadi era emas bagi lagu anak-anak Indonesia. Sederet penyanyi cilik dan pencipta lagu anak lahir di era ini hingga menghasilkan beberapa lagu populer. Sebut saja Topi Saya Bundar, Dua Mata Saya, hingga Si Komo,

Berikut deretan pencipta lagu anak populer Indonesia seperti dikutip dari berbagai sumber.

PAK KASUR

Soerjono alias Pak Kasur merupakan tokoh pendidikan anak yang menciptakan beberapa lagu anak populer. Bersama sang istri, dia merilis beberapa lagu yang menemani masa kecil masyarakat Indonesia.

 Soerjono alias Pak Kasur. (Foto: DAAI TV)

Tak sekadar menghibur, lagu-lagu ciptaannya juga mengandung nilai moral dan karakter anak-anak. Beberapa lagu anak populer ciptaan Pak Kasur yang kerap digunakan di taman kanak-kanak adalah Dua Mata Saya dan Topi Saya Bundar. 

BU KASUR

Seperti sang suami, Sandiah alias Bu Kasur juga dikenal sebagai tokoh pendidikan dan seniman anak yang dikenal berkat lagu ciptaannya, seperti Satu Aku Sayang Ibu, Kucingku, dan Bertepuk Tangan.

 Pak Kasur dan istrinya, Bu Kasur. (Foto: DAAI TV)

Pada tahun ‚Äė50-an, dia dan sang suami menjalankan program pendidikan melalui program anak yang disiarkan Radio Republik Indonesia. Mereka kemudian mendirikan TK Mini sebagai sekolah pendidikan awal di kediaman pribadinya, pada 1965.

Kini lembaga pendidikan tersebut kini tersebar di lima kawasan, dari Cikini, Cipinang, Pasar Minggu, Kemang, hingga Banjar Wijaya.

BACA JUGA: Populerkan Lagu Anak, Misi Lululala dan Haykaal di Industri Musik

BACA JUGA: Aliando Syarief Ungkap Pesan Menyentuh untuk Prilly Latuconsina


Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

AT MAHMUD

Nama Abdullah Totong (AT) Mahmud mungkin tak asing di telinga Anda. Dia adalah pencipta sederet lagu anak populer, seperti Anak Gembala, Libur T’lah Tiba, Kereta Apiku, hingga Ambilkan Bulan.

 AT Mahmud. (Foto: IST)

Perjalanannya menjadi pencipta lagu anak dimulai saat dia masuk sekolah guru taman kanak-kanak di kawasan Jakarta Selatan. Lagu-lagunya terinspirasi dari perasaannya mengenai tingkah laku anak-anak. 

IBU SOED

Saridjah Niung alias Ibu Soed dikenal sebagai pemusik dan pencipta lagu anak yang melahirkan Tik Tik Tik Bunyi Hujan, Menanam Jagung, dan Naik Delman. Dia mulai mencipta lagu saat menjadi guru musik di Sekolah HIS yang menggunakan bahasa Belanda. 

Ibu Soed. (Foto: Historia)

Melihat anak-anak pribumi yang terlihat kurang gembira di sekolah itu, Ibu Soed berinisiatif menciptakan lagu anak yang ceria untuk menghibur mereka. Selain lagu anak, dia juga menciptakan beberapa lagu wajib nasional seperti Berkibarlah Benderaku dan Tanah Airku.

PAPA T. BOB

Erwanda Lukas atau yang lebih dikenal sebagai Papa T. Bob merupakan seorang penulis lagu anak yang begitu populer di era 90-an. Dia tak hanya menciptakan lagu anak, dia juga melahirkan sederet penyanyi cilik berbakat, seperti Tina Toon hingga Joshua Suherman. 

Papa T Bob. (Foto: Instagram/@papatbob_official)

Beberapa lagu anak populer yang diciptakannya adalah Bolo-Bolo, Air, Du Di Dam, Si Komo Lewat Jalan Tol, Si Kodok, Katanya-Katanya, dan Semut-Semut Kecil. Hingga menjelang ajalnya, Papa T. Bob masih menggarap beberapa lagu yang sayangnya tak rampung. 

Sayang, kini tak ada lagi generasi Papa T. Bob yang membuat industri lagu anak sepi ditinggal peminat. Anak-anak kini seperti dipaksa untuk menikmati lagu-lagu dewasa bertema percintaan.

Mengutip blog Yayasan Sejiwa Amini, Rabu (7/9/2022), Shendy Ristandi, Kapten Komunitas Peduli Lagu Anak (Kapella) Indonesia mengatakan, fenomena tersebut erat kaitannya dengan perkembangan zaman. 

Kultur modern membuat anak-anak tak berminat pada lagu anak klasik yang sederhana. Shendy menambahkan, generasi saat ini lebih meminati lagu-lagu yang bersifat pop dengan aransemen lebih kompleks. 

Baca pembahasan mengenai Artis Cilik selengkapnya di Celebrities.id melalui link berikut https://www.celebrities.id/tag/artis-cilik.*

BACA JUGA: Lee Da Hee dan Choi Siwon Ikut Dating Show dalam Icy Cold Romance

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini