Share

Via Vallen dan Chevra Yolandi Saling Lempar Daun Sirih usai Menikah, Ini Maknanya

Arya Ravato Bagasraga, MNC Portal · Sabtu 16 Juli 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 33 2630341 via-vallen-dan-chevra-yolandi-saling-lempar-daun-sirih-usai-menikah-ini-maknanya-3LnbYHBqe5.jpg Via Vallen dan Chevra (Foto: IG Via Vallen)

JAKARTA - Via Vallen telah resmi menikah dengan Chevra Yolandi hari Jumat (15/7/2022). Keduanya menikah dengan mahar 1.507 Euro dan 157 gram emas.

Momen pernikahan yang digelar dengan serangkaian adat Jawa, Via Vallen tampak sumringah ketika akhirnya bertemu dengan Chevra setelah akad nikah.

Via Vallen dan Chevra Yolandi

Prosesi diawali dengan Pisang Sanggan ketika keluarga kedua mempelai membawakan sebuah seserahan yang serupa.

Diwakili oleh masing-masing dua keponakan dari Via dan Chevra, prosesi ini dilanjutkan dengan prosesi Liru Kembar Mayang, yaitu penukaran (liru) dari seserahan berisikan pisang yang tadi telah dibawakan. Setelah ditukar, seserahan ini kemudian dibawa menuju sudut kanan dan sudut kiri pelaminan.

Upacara kemudian berlanjut kepada prosesi Balangan Gantal, ketika kedua mempelai saling melemparkan daun sirih. Pada momen ini, terlihat mereka sumringah dan senang ketika saling melempar daun sirih.

"Daun sirih memiliki filosofi lambang sirih yang di depan dan di belakang sama-sama pahitnya,” kata MC pernikahan Via Vallen.

Setelah itu prosesi dilanjutkan yang bernama ranu podo. Chevra terlihat melepas selopnya lalu menginjakkan telur sampai pecah. Via yang berada di depannya lalu membersihkan kaki suaminya dengan makna ketika berada di dalam rumah, istri tetap patuh kepada suami.

Chevra membimbing pengantin perempuan untuk berdiri melalui prosesi junjung drajat. Via mengelilingi suami sebanyak tiga kali putaran lalu kelingking keduanya terpaut yang menyimbolkan cinta yang utuh dan harmonis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini