Share

Deretan Artis Legendaris yang Nama Panggungnya Diberikan Oleh Presiden Soekarno

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 33 2624701 deretan-artis-legendaris-yang-nama-panggungnya-diberikan-oleh-presiden-soekarno-W9f3V4HaLO.jpg Presiden Soekarno (Foto: Ist)

PRESIDEN pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno, menaruh perhatian lebih pada perkembangan seni di Tanah Air. Ia bahkan sempat melarang Dewi Dja, seorang penari sekaligus artis yang terkenal di era 1940-an untuk berpindah kewarganegaraan.

Sementara itu, ada sedikitnya dua orang artis legendaris yang secara sengaja diberikan nama panggung oleh sang Presiden pertama. Selain agar mudah diingat, nama pemberian Soekarno rupanya membawa hoki bagi artis-artis berikut.

Salah satu contohnya adalah karya mereka masih dikenang hingga saat ini. Bahkan, hingga usia mereka yang sudah tak lagi muda, keduanya masih tetap sering terlihat di layar kaca ataupun layar bioskop.

Siapa saja artis legendaris yang mendapatkan nama panggung dari Presiden Soekarno? Berikut ulasannya!

1. Titiek Puspa

Titiek Puspa

Memiliki nama asli Sudarwati. Titiek Puspa rupanya merupakan nama pemberian Presiden Soekarno.

Titiek diketahui merupakan nama panggilannya sehari-hari, sementara Puspa diketahui berasal dari nama bapaknya 'Puspo'. Kala itu, Soekarno memberikan nama panggung untuknya sekitar tahun 1950-an.

Titiek Puspa bukan hanya dikenal sebagai seorang penyanyi. Ia juga diketahui merupakan seorang artis peran dan pemain teater.

Ia tercatat bermain dalam beberapa judul film. Hingga yang terakhir pada 2016 lalu, Titiek Puspa diketahui masih tampil dalam film Ini Kisah Tiga Dara.

Sementara itu, untuk teater, wanita 84 tahun ini tercatat masih bermain dalam sebuah serial teater musikal anak pada 2019. Acara tersebut diketahui ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi.

2. Rima Melati

Rima Melati

Selain Titiek Puspa, mendiang Rima Melati juga mendapatkan nama panggung dari Presiden Soekarno. Hal itu terjadi lantaran Soekarno menganggap jika nama asli Rima Melati, yakni Marjolien Tambajong dianggap terlalu kebarat-baratan.

Nama Marjolien Tambajong resmi diganti dengan Rima Melati sekitar awal 1960-an. Nama tersebut bahkan didapatkan lantaran Rima Melati kala itu tengah mengandung anak kedua yang berjenis kelamin perempuan.

Sayangnya, bayi yang dikandungnya meninggal dunia sebelum dilahirkan, padahal ia sudah memiliki keinginan untuk memberi nama Rima. Akhirnya, atas saran dari Presiden Soekarno, ia pun mengambil alih nama tersebut dan dikombinasikan dengan Melati.

Rima Melati sendiri baru saja menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis, 23 Juni 2022 kemarin. Sebelum meninggal dunia, Rima Melati diketahui masih sempat bermain dalam film Sweet 20 pada 2017 lalu bersama Slamet Rahardjo, Niniek L. Karim, Widyawati, Tatjana Saphira, hingga Lukman Sardi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini