Share

Biodata Bob Tutupoly, Penyanyi Legendaris dan MC Terkenal Meninggal Dunia

Santi Florensia Sitorus, Okezone · Selasa 05 Juli 2022 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 33 2623671 biodata-bob-tutupoly-penyanyi-legendaris-dan-mc-terkenal-meninggal-dunia-cMbF23niuK.jpg Bob Tutupoly. (Foto: Okezone).

JAKARTA - Biodata penyanyi legendaris Bob Lulupoly yang dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada, pada Selasa, 5 Juli 2022.

Pemilik nama asli Bobby Williem Tutupoly merupakan pria kelahiran Surabaya, 13 November 1939. Dengan begitu, dia menghembuskan napas terakhir di usianya yang ke-82 tahun.

 Biodata Bob Tutupoly, Penyanyi Legendaris dan MC Terkenal Meninggal Dunia. (Foto: Keluarga Bob Tutupoly)

Biodata Bob Tutupoly, Penyanyi Legendaris dan MC Terkenal Meninggal Dunia. (Foto: Keluarga Bob Tutupoly)

Dia merupakan anak kedua dari lima bersaudara dari pasangan Adolf Laurens Tutupoly dan Elisabeth Wilhemmina Henket-Sahusilawane.

 BACA JUGA:Jenazah Bob Tutupoly Disemayamkan di RS Siloam Semanggi

Bob Tutupoly menghabiskan masa kecil bersama keluarganya di Yogyakarta dan Surabaya. Dimana tahun 1953 dia memasuki bangku sekolah dasar di SD Pasar Turi.

Namun selepas SMA, dia meraih gelar sarjana di Fakultas Ekonomi di Universitas Airlangga Surabaya. Lalu, dia juga sempat masuk Fakultas Ekonomi Padjajaran. Sayangnya, keduanya berhenti di tengah jalan.

Namun, bakat seni yang diwariskan Bob Tutupoly dari kedua orang tuanya membuatnya keluar masuk dapur rekaman pada masa itu. Seperti diketahui, ayahnya seorang pemain suling dan ibunya merupakan penyanyi di gereja.

Saat umurnya 26 tahun, dia memulai kariernya sebagai penyanyi bersama Pattie saudaranya. Kala itu, mereka membawakan beberapa lagu yang pernah hits di Tanah Air, di antaranya, Lidah Tak Bertulang, Tiada Maaf Bagimu, dan Tinggi Gunung Seribu Janji.

Tak sampai disitu, tahun 1960, Bob Tutupoly kembali bergabung dengan Bill Saragih di band The Jazz Riders.

Lalu tahun 1969, Bob merantau ke Amerika Serikat karena dipercaya memimpin sebuah restoran milik Pertamina di New York. Akan tetapi, tujuh tahun kemudian dia kembali ke Indonesia.

Dari sanalah menjadi titik balik kepopuleran Bob Tutupoly. Dia kembali dan langsung rekaman lagu "Widuri" cipataan Slamet Aryadi tahun 1976.

Berkat lagu ini, dia menjadi penyanyi hits pada masa itu. Terbukti karena berhasil pemenang pertama dalam Festival Lagu Populer 1980 dan mewakili Indonesia dalam Festival Internasional di Budokan Hall, Jepang.

Selain berkarya di bidang tarik suara, Bob Tutupoly juga pernah bermain di beberapa film Indonesia, di antaranya, Gli Innamorati Della Becak (Kisah Cinta si Tukang Becak) (1958), Penasaran (1977), dan Sebelah Mata (2008).

Selain itu, dia juga dikenal melalui berbagai acara yang dipandunya seperti kuis Pesona 13 (selama 1,5 tahun), Silih berganti (selama 2 tahun), dan Ragam Pesona (selama 5 tahun).

Selebritis Indonesia yang pernah menjadi tamu di acara-acara Bob adalah Benyamin Sueb, Chintami Atmanagara, Henny Purwonegoro, Meriam Bellina, Iis Sugianto, Neno Warisman, dan masih banyak lagi.

Menyoal keluarga, Bob Tutupoly menikah dengan penari Indonesia bernama Rosmayasuti Nasution (Yosie) pada 15 April 1977. Dari pernikahan itu mereka dikarunia anak yang diberi nama Sasha Karina Tutupoly.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini