Share

Kisah 5 Artis Berjuang Melawan Stroke, Nomor 2 Harus Minum Obat Seumur Hidup

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 33 2619041 kisah-5-artis-berjuang-melawan-stroke-nomor-2-harus-minum-obat-seumur-hidup-sipsSpdV8i.jpg Tukul Arwana (Foto: Okezone)

STROKE merupakan sebuah penyakit yang terjadi lantaran pasokan darah ke otak terganggu. Tanpa darah yang mengalir ke otak, seseorang tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang memadai, hingga membuat fungsi bagian tubuh yang dikendalikan oleh otak tak berfungsi.

Hal itu jelas saja membuat orang yang mengalami stroke harus segera mendapatkan penanganan ekstra. Termasuk para selebriti berikut, yang harus rela meninggalkan aktivitas mereka di dunia hiburan lantaran mengidap penyakit stroke.

Kondisi dimana mereka sulit berbicara, bangun dari tempat tidur, atau bahkan berbicara, membuat karir ara artis ini mulai meredup.ย Dan berikut, kisah 5 artis indonesia yang berjuang melawan stroke:

1. El Ibnu

El Ibnu

Vokalis dari grup band El Kasih, El Ibnu, harus berjuang melawan stroke sejak 2015 lalu. Kala itu, ia tengah berada di Maroko dan mendapati tensi darahnya yang cukup tinggi.

Setelah divonis mengidap stroke, satu tahun setelahnya ia harus merelakan rumah tangganya dengan sang istri berakhir. Kini, El Ibnu bisa dikatakan sudah mulai pulih, meskipun belum bisa dikatakan sembuh 100 persen seperti dahulu kala.

2. Fahmi Bo

Fahmi Bo

Pesinetron Fahmi Bo mengalami stroke pada 2018 lalu. Ia mengatakan bahwa dirinya terkena stroke di bagian wajah serta kakinya.

Meski begitu, bintang Tukang Ojek Pengkolan ini sudah bisa kembali beraktivitas seperti semula. Akan tetapi, dirinya harus mengkonsumsi obat seumur hidup.

3. Tukul Arwana

Tukul Arwana

Pelawak Tukul Arwana didiagnosa mengalami pendarahan pada bagian otaknya pada September 2021 lalu, hingga membuat dirinya berada dalam kondisi kritis. Ia bahkan sempat menjalani operasi lantaran pendarahan di bagian otaknya tersebut.

Kini, Tukul disebut masih berjuang untuk sembuh. Ia bahkan mulai menjalani fisioterapi hampir setiap hari di rumah, dan seminggu tiga kali di sebuah klinik fisioterapi robotik.


4. Mat Solar

Mat Solar

Bintang Bajaj Bajuri, Mat Solar, mengalami stroke sejak 2018 lalu. Namun, pria .. tahun ini hanya mengalami stroke di bagian otak kanan saja, sehingga tangan dan kaki kirinya sulit untuk bisa digerakkan.

Hal itu membuat dirinya terpaksa harus duduk di kursi roda. Bahkan sampai mengalami kesulitan berbicara.

5. Harry Pantja

Harry Pantja

Presenter horor, Harry Pantja saat ini juga tengah berjuang melawan stroke. Kabar bahwa pria berkepala plontos itu mengidap stroke, bahkan dibenarkan oleh istrinya, Imelda Laksmi.

Harry sendiri disebut sudah terkena stroke sejak 3-4 tahun lalu. Dan baru-baru ini, ia sempat terlihat menjalani terapi dan berjuang keras untuk bisa kembali berjalan seperti semula.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini