Share

Perjalanan Karier dan Prestasi Rima Melati, Artis Kawakan yang Meninggal Dunia

Adelline Tri Putri Marcelline, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 33 2616957 perjalanan-karier-dan-prestasi-rima-melati-artis-kawakan-yang-meninggal-dunia-tSosWRdXzo.jpeg Rima Melati. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Artis senior Rima Melati meninggal dunia pada Kamis, 23 Juni 2022. Dia meninggal dunia di Jakarta pada usia 84 tahun.

Berikut perjalanan karier dan prestasi artis senior tersebut.

Rima Melati

Rima merupakan salah satu artis senior Tanah Air yang memiliki karier cemerlang. Dia sudah berkiprah di dunia akting sejak pertengahan abad 20.

Pemilik nama asli Marjolien Tambajong ini memulai karier aktingnya sejak 1958 dalam film berjudul Djuara Sepatu Roda. Lalu dilanjutkan dengan film-film lainnya sejak era 1960an hingga 2010an.

Pada masa 1970an, namanya melejit di industri perfilman Tanah Air. Intan Berduri yang tayang pada tahun 1972, membuat dia meraih penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 1973.

Akibat kesuksesan aktingnya, istri mendiang Frans Tumbuan ini beberapa kali memenangkan penghargaan festival film. Rima pernah masuk nominasi Festival Film Indonesia untuk Pemeran Pembantu Wanita terbaik dalam film Kupu-Kupu Putih pada 1984. 

4 tahun berturut-turut setelahnya, ia memenangkan penghargaan yang sama melalui film Tinggal Landas buat Kekasih, Pondok Cinta, Biarkan Bulan Itu dan Arini II (Biarkan Kereta Itu Lewat).

Selain di dunia akting, dia juga berkecimpung di dunia tarik suara dengan bergabung dalam grup Baby Dolls. Kelompok ini terdiri dari dirinya, Baby Huwae, Gaby Mambo, dan Indriati Iskak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini