Share

Jenazah Eril Berada Satu Pesawat dengan Ridwan Kamil Menuju Indonesia

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Sabtu 11 Juni 2022 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 11 33 2609834 jenazah-eril-berada-satu-pesawat-dengan-ridwan-kamil-menuju-indonesia-hfQEU3f6Kl.jpg Emmeril Kahn Mumtadz (Foto: Instagram)

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah berada dalam perjalanan menuju Indonesia dari Swiss bersama jenazah putranya, Emmeril Kahn Mumtadz. Tepat pada hari ini, Sabtu (11/6/2022) pukul 10.10 waktu Swiss atau pukul 15.10 WIB, jenazah Eril, sudah diterbangkan ke Indonesia menggunakan pesawat yang sama dengan sang ayah dan rombongan keluarganya.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) menjamin fasilitasi repatriasi jenazah Emmeril Kahn Mumtadz dijalankan dengan baik. Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha mengatakan, pihak Kemlu RI dan KBRI di Swiss akan terus mendampingi keberangkatan jenazah putra sulung Gubernur Jabar, Ridwan Kamil itu hingga tiba di Indonesia dan Bandung.

"Terbang dalam satu flight, saat ini sudah ada di Zurich Airport. Jadwal terbang pukul 10:10 waktu Swiss," kata Judha dalam konferensi pers virtual, Sabtu (11/6/2022).

Diperkirakan, rombongan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu, 12 Juni 2022 sekitar pukul 15.45 WIB, untuk kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menuju Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung.

Perwakilan keluarga almarhum, Erwin Muniruzaman menambahkan, rombongan jenazah dan keluarga diperkirakan akan tiba di Gedung Negara Pakuan sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian, jenazah Eril disemayamkan sebelum dimakamkan di area pemakaman keluarga di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin, 13 Juni 2022 lusa. 

Emmeril Kahn Mumtadz

Namun, kata Erwin, karena keterbatasan lokasi pemakaman, hanya pihak keluarga inti dan kerabat terdekat saja yang akan berada di lokasi pemakaman.

"Kami fokus pada keluarga, sehingga mohon maaf jika yang sudah menyampaikan doa di Gedung Pakuan untuk tidak perlu hadir ke makam. Namun, selesai acara, warga masyarakat yang ingin berziarah diperbolehkan. Sekitar lewat jam 12.00 WIB," jelasnya.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar, Wahyu Mijaya menambahkan, seiring kedatangan Jenazah yang dijadwalkan tiba Minggu pukul 22.00 WIB, masyarakat diperkenankan untuk bertakziah mulai pukul 23.00 WIB hingga Senin pukul 08.00 WIB.

Namun, waktu tersebut masih bersifat tentatif karena harus menunggu informasi terbaru dari pihak keluarga dan Pemda Provinsi Jabar.

Kemudian, mulai pukul 09.00 WIB, jenazah akan berangkat ke lokasi pemakaman dengan rombongan keluarga inti. Melewati rute Gedung Pakuan-Wastu Kencana-Pintu Tol Pasteur-Tol Soroja hingga tiba di Cimaung.

"Kami berangkat mulai pukul 09.00 WIB, agar tidak mengganggu masyarakat yang akan berangkat bekerja atau sekolah, apalagi hari Senin yang padat. Kami mohon maaf jika ada kemacetan di jalan yang dilintasi," katanya. 

Setelah pemakaman, sekitar tengah hari, warga bisa datang untuk berziarah hingga pukul 17.45 WIB. Selain itu, jika pada hari Senin tidak sempat, maka masih diberi kesempatan untuk berziarah pada hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini