Share

5 Fakta Ayana Moon Pindah Agama, Hijrah ke Malaysia demi Dalami Islam

Feby Tiara Sopian, Okezone · Minggu 01 Mei 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 33 2588069 5-fakta-ayana-moon-pindah-agama-hijrah-ke-malaysia-demi-dalami-islam-ZhvDqdjMUq.jpg Fakta Ayana Moon pindah agama. (Foto: MINAZ Malaysia/Instagram/@xolovelyayana)

JAKARTA - Fakta Ayana Moon pindah agama sangat menginspirasi, mengingat dia berasal dari Korea Selatan yang jauh dari pengaruh Islam. Lalu bagaimana awal perkenalan sang selebgram dengan Islam? 

Apa pula yang membuatnya yakin dan akhirnya memutuskan menjadi mualaf dan langsung berhijab? Berikut fakta-fakta menarik di balik keputusan selebgram Ayana Moon memutuskan menjadi mualaf.

1.Penasaran dengan Budaya Timur Tengah

Perjalanan Ayana Moon mengenal Islam bermula saat dirinya masih SD. Saat itu, dia menonton berita tentang perang Irak yang membuatnya penasaran terhadap budaya dan agama masyarakat Timur Tengah. 

Fakta Ayana Moon pindah agama. (Foto: Instagram/@xolovelyayana)

Fakta Ayana Moon pindah agama. (Foto: Instagram/@xolovelyayana)

“Saat itu, program berita menampilkan para perempuan Irak yang memakai jilbab dan menjalankan salat. Karena tidak mengerti, bagi saya, itu cukup aneh,” ujarnya dikutip dari RANS Entertainment di YouTube, pada April 2021. 

Lebih jauh, Ayana mengaku takjub ketika mengetahui bahwa orang Islam diharamkan mengonsumsi daging babi. “Di Korea, semua orang makan babi. Waktu itu, saya merasa babi itu enak banget, tapi kenapa mereka tidak makan babi? Jadi pengin tahu,” tuturnya.

BACA JUGA: 5 Fakta Rebecca Reijman Pindah Agama setelah Sempat Jadi Atheis 

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

2.Mualaf saat SMA

Ayana Moon mantap memeluk agama Islam, pada 2012. Setelah belajar tentang budaya Timur Tengah dan agama Islam selama 10 tahun, dia akhirnya memantapkan hati menjadi mualaf saat masih duduk di bangku SMA.

Fakta Ayana Moon pindah agama. (Foto: Instagram/@xolovelyayana)

Fakta Ayana Moon pindah agama. (Foto: Instagram/@xolovelyayana)

3.Ditentang hingga Tak Diakui Keluarga

Keputusan Ayana menjadi mualaf sangat ditentang kedua orangtuanya. Mereka khawatir, putrinya harus melepas banyak hal demi memilih keyakinan barunya. Bahkan kala itu, dia menyebut, orangtuanya sempat tak mengakuinya sebagai anak.

4.Pindah ke Malaysia dan Perdalam Islam

Untuk bisa mendalami agama Islam, selebgram 26 tahun itu memutuskan pindah ke Malaysia. Alasannya, dia tidak bisa leluasa belajar agama di Korea Selatan yang mayoritas non-muslim. 

Keputusan tersebut semakin sulit ketika kedua orangtua Ayana menolak membiayai kehidupannya selama berada di Negeri Jiran tersebut. Untuk biaya hidup, dia mulai mencari pekerjaan paruh waktu. 

Fakta Ayana Moon pindah agama. (Foto: Instagram/@xolovelyayana)

Fakta Ayana Moon pindah agama. (Foto: Instagram/@xolovelyayana)

5.Ajak sang Adik Jadi Mualaf

Ketekunan Ayana menjalankan agama barunya menginspirasi sang adik, Aydin untuk menjadi mualaf. Dia mengaku, sang kakak memberikan pengaruh Islam yang sangat besar untuknya, sejak masih kecil. 

“Kakakku mengajakku masuk Islam saat aku masih kecil. Tapi aku tak mendengarkannya. Tapi dia tak patah semangat dan mencari cara lain,” ujar Aydin Moon dalam unggahan Instagram pribadinya pada Desember 2019.*

https://www.instagram.com/p/Cb4r28xpeTr/?utm_source=ig_web_copy_link
1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini