Share

Honor Manggung Rossa dari DNA Pro Batal Disita Polisi, Ini Alasannya

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 33 2585606 honor-manggung-rossa-dari-dna-pro-batal-disita-polisi-ini-alasannya-JFxTmunSlv.jpg Rossa (Foto: IG Rossa)

JAKARTA - Uang Rossa yang diterima dari hasil manggung di acara DNA Pro, tak jadi disita oleh Bareskrim Polri. Berdasarkan hasil pemeriksaan alat bukti, tak ditemukan indikasi niat jahat dari sang penyanyi untuk menerima aliran dana penipuan dari perusahaan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Dittipideksus (Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus ) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan. Uang yang diterima sang pelantun Pudar itu pun dinyatakan halal.

BACA JUGA:Terkait DNA Pro, Uang Ivan Gunawan Disita Kenapa Rossa Tidak?

BACA JUGA:Alasan Bareskrim Tak Sita Honor Rossa dari DNA Pro: Transaksinya Halal

Rossa

"Dari hasil pemeriksaan dan alat bukti yang didapatkan oleh penyidik berkesimpulan tidak menemukan 'mens rea' atau niat jahat dalam peristiwa mengalirnya dana DNA Pro tersebut kepada Rossa," kata Whisnu saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (26/4/2022).

"Demikian juga 'underlying transaction'nya causanya halal," sambungnya.

Dengan hasil pemeriksaan demikian, Rossa tak diharuskan mengembalikan honor manggungnya dari DNA Pro kepada penyidik Bareskrim untuk penyitaan sementara.

"Atas kesimpulan dari penyidik tersebut terhadap dana DNA Pro yang mengalir kepada Rossa tersebut tidak dikenakan penyitaan oleh penyidik Dittpideksus," ungkap Whisnu.

Seperti diketahui, penyanyi Sri Rossa Roslaina Handiyani alias Rossa dinyatakan telah menyerahkan uang honor yang diterima dari DNA Pro ke Bareskrim Polri. Nominal uang yang diserahkan mencapai Rp172 juta.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko menyampaikan bahwa uang tersebut merupakan bayaran Rossa saat mengisi kegiatan DNA Pro di Bali beberapa waktu lalu.

"R mengaku mendapatkan fee setelah dikurangi dengan biaya produksi sebesar Rp172 juta. Kemudian R uang tersebut diserahkan ke penyidik untuk dilakukan penyitaan," kata Gatot kepada wartawan, 23 April 2022.

Hingga saat ini, ada 6 orang publik figur yang telah diperiksa terkait kasus DNA Pro hingga akhir pekan kemarin. Di antaranya adalah Ivan Gunawan, Rossa, Rizky Billar, Lesti Kejora, Yosi Mokalu alias Yosi Project Pop dan Nowela.

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menangkap 7 orang tersangka dalam kasus dugaan investasi bodong DNA Pro. Namun, pihaknya masih mencari 5 tersangka lain yang kini masih buron.

Atas perbuatannya itu, pasal yang dipersangkakan terhadap para tersangka, Pasal 106 Jo. Pasal 24 dan atau Pasal 105 Jo. Pasal 9 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan.

Selain itu, Pasal 3, Pasal 5 Jo Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang pemberantasan dan pencegahan tindak pidana pencucian uang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini