Share

Lagu Ibu Kita Kartini Diciptakan WR Supratman, Ini Profil dan Sejarahnya

Santi Florensia Sitorus, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 205 2583097 lagu-ibu-kita-kartini-diciptakan-wr-supratman-ini-profil-dan-sejarahnya-BpBbq38HTO.jpg Lagu Ibu Kita Kartini (Foto: Freepik)

Lagu Ibu Kita Kartini menjadi salah satu lagu wajib untuk merayakan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. Di tanggal tersebut sekaligus merayakan hari lahir pejuang emansipasi wanita, Raden Ajeng Kartini.

Lantas, apa makna dan siapa di balik lagu Ibu Kita Kartini tersebut? Simak ulasan berikut!

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini 

Makna Lagu Ibu Kita Kartini Karya WR Supratman

Lagu Ibu Kita Kartini diciptakan salah seorang pahlawan nasional yakni Wage Rudolf Supratman lebih akrab disapa WR Supratman.

Melansir dari buku 'Indonesia Pusaka' karya Sopan Adrianto, lirik lagu Ibu Kita Kartini menceritakan sosok RA Kartini yang dijuluki sebagai pejuang emansipasi wanita. Lagu ini menggambarkan bagaimana perjuangan RA Kartini membela kaum wanita agar memiliki kedudukan yang sama dengan pria.

Tak hanya itu, kehadiran sosok Kartini juga mematahkan pemahaman bahwa wanita hanya layak bekerja di dapur dan menjadi ibu rumah tangga. Sekaligus memberikan kesempatan kepada para wanita untuk mendapat kesempatan mengenyam pendidikan tinggi hingga karier yang bagus.

Lagu Ibu Kita Kartini Diciptakan

Lagu Ibu Kita Kartini diciptakan pada 22 Desember 1929 saat Kongres Wanita Indonesia. Saat berlangsungnya acara tersebut, wanita kelahiran Jepara itu disorot lantaran tulisan-tulisannya yang dimuat dalam buku Door Duisternis tot Licht atau diartikan Habis Gelap Terbitlah Terang.

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini 

Buku tersebut disusun oleh Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, JH Abendanon. WR Supratman yang sempat membaca buku tersebut terinspirasi untuk menciptakan lagu yang berjudul Ibu Kita Kartini. Dia berharap, kaum wanita di Indonesia mengikuti jejak RA Kartini serta menghargai jasa-jasanya.

Berdasarkan beberapa sumber, judul lagu Ibu Kita Kartini bukan merupakan judul asli. WR Supratman diketahui menulis awal lagu tersebut dengan "Raden Ajeng Kartini". Menyoal pergantian judul tidak diketahui secara pasti kapan dan siapa yang mengubah.

Sosok di Balik Lagu Ibu Kita Kartini

Bukan rahasia umum lagi tentang siapa di balik lagu Ibu Kita Kartini, dia adalah WR Supratman. Lantas, siapakah dia dan seperti apa kisah perjalanan hidupnya?

WR Supratman merupakan pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah pada 19 Maret 1903. Namanya harum dikenal luas karena kepiwaiannya menciptakan lagu-lagu nasional salah satunya Ibu Kita Kartini yang kerap diperdengarkan saat merayakan Hari Kartini.

Selain itu, ada juga karya lainnya yakni Lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan saat Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Lagu tersebut bahkan ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

Tak hanya piawai menciptakan lagu, WR Supratman juga sempat bekerja sebagai guru saat usianya masih 20 tahun. Dia juga pernah menjadi wartawan di Harian Kaoem Moeda dan Kaoem Kita saat tinggal di Bandung.

Atas karyanya yang luar biasa terhadap Indonesia, WR Supratman ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Dia pun mendapatkan Bintang Maha Putera Utama kelas III pada tahun 1971.

Tidak hanya itu, tanggal lahirnya yakni 9 Maret ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional oleh Presiden kelima, Megawati Soekarno Putri. Belakangan sempat terjadi perdebatan karena tanggal lahir WR Supratman jatuh pada 19 Maret 1903.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini