Share

Asam Lambungnya Sering Kambuh, Maia Estianty Rupanya Alami Ini dan Harus Operasi

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 33 2573278 asam-lambungnya-sering-kambuh-maia-estianty-rupanya-alami-ini-dan-harus-operasi-JrekXf4z2l.jpg Maia Estianty (Foto: YouTube)

MUSISI Maia Estianty baru-baru ini sempat mengabarkan bahwa dirinya harus dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) lantaran mengalami GERD. Kala itu istri dari Irwan Mussry ini terlihat ditemani oleh putra bungsunya, Dul Jaelani.

Sayangnya, setelah dirawat selama kurang lebih empat hari di rumah sakit, kondisi pentolan Duo Maia ini justru tak kunjung membaik. Hal itu membuat dirinya berinisiatif untuk melakukan konsultasi di dokter spesialis penyakit dalam, dan menemukan penyebab lain GERD-nya kambuh.

"Karena aku 4 hari nggak membaik aku kontak dokter Chang, ahli pencernaan bagian dalam lah pokoknya. Oleh dokter Tjhang dikasih tahu kenapa GERD ku kambuh, ternyata karena ini (batu empedu)," kata Maia Estianty dikutip dari YouTube Maia ALELDUL TV, Senin, 4 April 2022.

Saat melakukan pemeriksaan USG, rupanya dokter menemukan sedikitnya dua buah batu berukuran 2 cm yang menghambat saluran empedunya. Hal itulah yang membuat pelantun Teman Tapi Mesra tersebut mengalami sakit lambung hingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Maia Estianty dan Dokter Tjhang

"Oh ini karena batu ini, batu empedunya. Dari batu empedunya bikin sakit," papar dokter Chang.

"Karena batunya besar dia mau masuk ke saluran nggak bisa, nyangkut di situ, bikin sakit," lanjutnya.

Ibu dari Al, El, dan Dul ini lantas diminta oleh sang dokter untuk menjalani operasi pengangkatan batu empedu. Bahkan permintaan sang dokter agar dirinya melakukan operasi sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

Akan tetapi, Maia memilih untuk menjalani terapi apel untuk menghilangkan batu empedu yang berada di dalam tubuhnya. Hal itu membuat sang dokter menuturkan bahwa terapi apel tidak akan bisa hilang hanya karena ia rutin mengkonsumsi apel.

"Ditemukan batu empedu 2 cm. Aku sebenarnya dari beberapa tahun lalu aku sudah bertemu dokter Tjhang dan disarankan potong aja kantung empedu, dan aku tuh ragu-ragu kan dok. Which is dari 3 cm menurun jadi 2 cm karena terapi apel, tapi kan sekarang nyerang ke GERD, jadi menurut dokter gimana?," jelas.

"Itu batu empedu tidak akan hilang hanya karena konsumsi apel. Waktu itu 3 cm kan ada beberapa batu mengumpul jadi satu, ini di cek ulang kemarin ada 2 batu ukurannya kira-kira 2 cm semua, sehingga bolak-balik berobat GERD nggak akan sembuh, jadi batu empedu ini harus diselesaikan dulu (operasi)," tegas sang dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini