Share

Bisa Didengar di Museum Sumpah Pemuda, Ini Alasan Addie MS Aransemen Indonesia Raya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 205 2566794 ini-alasan-addie-ms-aransemen-indonesia-raya-34tK4Of8Ny.jpg Addie MS. (Foto: Instagram)

ADDIE MS mengaransemen lagu Indonesia Raya jadi lebih keren tapi tak mengurangi maknanya. Lagunya ini bisa didengar di Museum Sumpah Pemuda.

Ya, Museum Sumpah Pemuda jadi lebih keren setelah melakukan sederet revitalisasi ruang pamer agar menarik minat pengunjung. Lagu-lagu kebangsaan pun menjadi salah satu daya tarik.

Addie MS terlibat dalam revitalisasi itu. Pengunjung bisa mendengarkan lagu Indonesia Raya berbagai versi yang mengasyikkan.

Addie ms

Addie MS juga pernah mengatakan bahwa dirinya sangat perhatian dengan Indonesia Raya ini setelah beberapa kali dirinya membawakan dalam acara-acara formal. Ia mengamati lagu kebangsaan ini di TV, radio, mulai 1990-an awal.

"Saya mengamati, saat itu sudah mulai teknologi digital, suara rekaman lagu pop di radio, di TV, sudah lebih jernih. Sementara, Indonesia Raya rekamannya dibunyikan (diperdengarkan) dengan piringan hitam lama atau turunannya," katanya dalam YouTube.

Aransemen Addie MS ini jadi daya tarik tersendiri di Museum Sumpah Pemuda. Ada satu ruang khusus, yang mana pengunjung bisa dengar Indonesia Raya berbagai versi.

"Mulai dari versi keroncong hingga aransemen oleh Addie MS melalui holobox interaktif dan memainkan virtual orkestra konduktur di Ruang Indonesia Raya," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Sesditjen Kebudayaan Kemendikbudristek), Drs Fitra Arda, MHum dalam keterangannya.

 Museum

Bukan saja itu, peristiwa kejadian di dalam ruang kongres pemuda kedua pun akan diputar dalam bentuk video. Anda bisa melihat langsung saat berkunjung dan kembali mengenang jasa para pahlawan.

Untuk diketahui, dibuka kembali untuk umum mulai 22 Maret 2022, dari Selasa-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Kramat Raya No 106, Jakarta Pusat

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini